Perekonomian Tertutup


Perekonomian TertutupPerekonomian Tertutup

2.2.1.      Pengertian Ekonomi Tertutup

Dalam ekonomi makro, Ekonomi tertutup juga disebut atau yang  dikenal dengan istilah ekonomi tiga sektor. Tiga sektor disini dimaksudkan sebagai jenis perekonomian yang terjadi dalam sirkulasi rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah. Jadi, ekonomi tiga sektor adalah perekonomian yang terjadi pada ruang lingkup rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah. Karena dalam kegiatan perekonomian ini tidak terdapaat aktifitas ekspor dan impor, maka ekonomi tiga sektor merupakan perekonomian tertutup. Dalam sirkulasi pendapatan negara, ekonomi tiga sektor memiliki peranan yang amat penting. Sebab dalam menganalisisnya kita harus memperhatikan peranan dan pengaruh pemerintah pada kegiatan tersebut.

Analisis pendapatan nasional pada perekonomian tertutup dengan kebijakan pemerintah membagi aktivitas perekonomian dalam 3 pelaku utama, yaitu rumah tangga (household), perusahaan (firm), dan pemerintah (government). Dengan kata lain dalam perekonomian tersebut terdapat campur tangan pemerintah melalui pengeluaran konsumsi pemerintah.

Adanya unsur pemerintah menimbulkan dua konsekuensi perhitungan pendapatan nasional, yaitu dari sudut pengeluaran memunculkan pengeluaran pemerintah (government expenditure) dan dari sudut penerimaan memunculkan komponen pajak (tax). Sisi pengeluaran dalam perekonomian ini terdiri dari pengeluaran rumah tangga, pengeluaran perusahaan, dan pengluaran dari sektor pemerintah. Kemudian dari sisi pendapatan mengggambarkan pendistribusian pendapatan oleh rumah tangga untuk pengeluaran konsumsi, pengeluaran untuk membayar pajak pada sektor pemerintah dan sisanya ditabung.

Sumber :

https://etrading.co.id/