Cara Membuat Aquascape


aquascape 1

Menghadirkan akuarium dengan ikan hias akan menjadi penghias rumah yang indah. Akuarium rumah Anda dibangun dengan konsep aquascope yang dibangun khusus, seperti habitat alami ikan laut. Ide ini memastikan bahwa suasana di dalam ruangan akan lebih asri dan aktif.

Membuat ide aquascape untuk mendekorasi ruangan tidaklah sulit. Membangun aquascape kontroversial, dan siapa pun, termasuk pemula di bidangnya, dapat melakukannya. Anda bisa membuatnya sendiri tanpa perlu menambah banyak modal.

Nah, bagi yang berminat, Kania membagikan berikut langkah-langkah membuat aquascape yang bisa kamu ikuti di rumah. Dengan mengikuti cara membuat aquascape ini, Anda bisa “menjalankan” akuarium dan menciptakan suasana yang asri. Sekarang ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Cara Membuat Aquascape

aquascape 1

1. Kumpulkan item yang dibutuhkan

Langkah pertama dalam cara membuat aquascape adalah, tentu saja, membuat daftar bahan yang dibutuhkan untuk membangunnya. Akuarium, pupuk, pasir, bebatuan, tanaman, pompa, filter, dan lampu adalah bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat pemandangan air ini.

Kami jarang berhenti memikirkan bagaimana membangun aquascape karena takut banyak yang harus membayar. Tapi jangan khawatir, kamu bisa membeli akuarium berukuran sedang di bawah Rp 500.000. Anda bisa menggunakan akuarium yang digunakan sebagai wadah aquascape. Untuk harga bahan lainnya, mereka memiliki harga yang masuk akal.

2. Atur dasar akuarium

Langkah selanjutnya dalam cara membuat aquascape adalah mengatur dasar akuarium. Taburkan di dasar bak pasir yang sudah disiapkan. Untuk pasir, pasir jenis silika harus dipilih. Harga pasir silika biasanya Rp per kg. Dijual seharga Rs 10.000.

Pada langkah kedua cara membuat aquascape ini, ketebalan pasir yang tersebar di permukaan akuarium sekitar 2-3 cm, namun pada bagian pinggir akuarium, dasar pasir harus tebal. Adalah. Di sisi lain, pasir harus melengkung di tengah permukaan.

3. Semprotkan pupuk kandang

Setelah pasir di dasar akuarium tertata dengan baik, Anda bisa langsung melakukan langkah ketiga cara membuat akuarium ini. Sebarkan pupuk kandang di dasar berpasir tipis di tengah tangki.

Penting untuk mengaplikasikan pupuk dengan cara yang sama seperti aquascape, agar tanaman dapat bertahan dan berkembang. Biaya pupuk yang mengikuti cara membuat pemandangan laut Anda sendiri tidak terlalu mahal. Anda akan mendapatkan sekantong besar pupuk kandang senilai Rs satu lakh.

4. Hiasi akuarium dengan batu

Proses membangun aquascape asli telah dimulai. Anda bisa mulai mendekorasi untuk membuat akuarium semakin cantik. Dekorasi utama yang dapat diatur dengan cara ini untuk menciptakan pemandangan air adalah jenis batuan yang berbeda.

Belilah sekitar 2 kantong batu halus untuk dekorasi akuarium Anda. Anda hanya akan menghabiskan sekitar Rs 50.000 untuk dekorasi ini.

5. Mulai bertani

Sekarang saatnya memberikan inti bagaimana membangun aquacup. Pada tahap ini, kami mulai membudidayakan dengan menempatkan tanaman untuk akuarium. Saat mencoba menanam, pertama-tama isi seperempat akuarium dengan air. Kemudian mulailah menanam tanaman yang sudah disiapkan. Saat menuangkan air, tuangkan perlahan agar tidak merusak dekorasi sebelumnya.

Mengenai cara membuat aquascape ini, Anda juga harus memperhatikan jenis tanaman hiasnya, karena tidak semua tanaman cocok untuk ditanam di dalam aquascape. Spotterdock, Wallisneria, Coomba, Tiger Nymphia Lotus tenelus atau tanaman air, Echinodorus dan Wendy’s adalah beberapa tanaman air yang paling cocok untuk ditanam. Harga tanaman ini per unit kurang dari Rp 15.000.

6. Pasang perangkat pendukung

Kalaupun ada tanaman yang ditanam, bukan berarti cara pembuatan aquascape sudah lengkap. Bagian penting lainnya dari cara membuat aquascape adalah memastikan kelangsungan hidup ikan dan tanaman. Perlengkapan pembantu berupa pompa, filter dan lampu harus dipasang untuk menyediakan aliran udara dan cahaya yang dibutuhkan ikan dan tanaman.

Namun, sebelum memasang semua perangkat pendukung ini, pastikan akuarium sudah terisi air. Pastikan tidak ada air dengan ketinggian 5-10 cm di atas akuarium. Di atas akuarium Anda dapat memasang pompa, filter, dan lampu.

7. Masukkan ikan hias ke dalam akuarium

Aquascope fokus pada pembiakan di akuarium. Namun belum lengkap rasanya tanpa akuarium cantik yang dihiasi ikan-ikan cantik ini. Setelah membuat aquascape dengan 6 cara di atas, Anda bisa memasukkan ikan hias. Ikan komet, manfish dan tetrafish merupakan ikan hias yang ideal untuk aquascape ini.

8. Lakukan pemupukan secara teratur

Aquascape Anda sekarang sudah siap karena tanaman dan ikan sudah ada di akuarium. Namun bukan berarti aquascape bisa berhenti sampai di situ. Anda akan membutuhkan perawatan rutin untuk memastikan bahwa ikan dan tanaman tepi sungai dapat tumbuh subur dan tumbuh.

Paling tidak, Anda perlu memupuk tanaman air setiap 3 hari sekali agar tanaman yang ditanam mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Perawatan ini akan memberi Anda aquascape yang indah dan menarik di rumah.

Bagaimana dan kapan membangun aquascape tidak sesulit yang Anda pikirkan, bukan? Dengan membuat waterscape yang tepat, Anda bisa mendapatkan dekorasi yang cantik untuk ruangan rumah Anda. Biaya pembuatan aquascape tidak akan habis jika dilakukan dengan benar. Selamat atas cara diatas!