Ketahui Cara Budidaya Buah Tin Si Buah Dari Surga Yang Kaya Akan Manfaat


Ketahui Cara Budidaya Buah Tin Si Buah Dari Surga Yang Kaya Akan Manfaat

Ketahui Cara Budidaya Buah Tin Si Buah Dari Surga Yang Kaya Akan ManfaatKetahui Cara Budidaya Buah Tin Si Buah Dari Surga Yang Kaya Akan Manfaat

Kandungan, Khasiat Serta Budidaya Buah Tin Si Buah Dari Surga

Buah tin merupakan tanaman yang berasal dari Asia Barat yang banyak ditemukan pada daerah Afganistan dan Balkan. Penamaan Tanaman ini berasal dari bahasa Arab, sedangkan untuk nama ilmiahnya adalah Ficus Carica. Pohon Buah Tin masih satu keluarga dengan ara atau pohon beringin yang memiliki batang yang besar dan rindang. Tanaman ini populer di Indonesia untuk di ambil buahnya. Tidak hanya itu, Daun Tin dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit jantung.

Umumnya masyarakat Indonesia mengenal Buah Tin sebagai oleh oleh khas dari timur tengah terutama pada saat musim haji dan umroh. Buah yang biasanya dikeringkan ini cukup populer diberbagai belahan dunia. Meski begitu tanaman ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, sehingga tidaklah sulit untuk menemukan penjual Buah Tin ini. Mesikpun harga Buah Tin terutama Buah Tin kering cukup tinggi, namun buah ini tetap laris dipasaran.

Kandungan buah tin

Kandungan Yang Terdapat Dalam Buah Tin
Buah Tin dipercaya memiliki beragam khasiat serta manfaat yang baik untuk kesehatan. Ini dikarenakan buah ini kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Buah Tin adalah salah satu tanaman yang namanya diabadikan dalam kitab suci alquran, bahkan bagi penganut agama islam Buah Tin dijuluki sebagai si buah dari surga. Terlepas dari itu, kandungan gizi yang terdapat dalam Buah Tin memang sangat beragam. Meski Buah Tin memiliki kandungan nutrisi yang sangat Tinggi, namun masih jarang orang yang rutin mengkonsumsi Buah Tin di Indonesia. Dilansir dari United States Department of Agriculture, Berikut ini kandungan nutrisi Buah Tin per 100 gram antara lain:

NUTRIENT UNIT 1VALUE PER 100 G
PROXIMATES
Water g 71.39
Energy kcal 107
Protein g 0.38
Total lipid (fat) g 0.10
Carbohydrate g 27.86
MINERALS
Calcium mg 26
Iron mg 0.28
Magnesium mg 10
Phosphorus mg 10
Potassium mg 97
Sodium mg 1
Zinc mg 0.11
VITAMINS
Vitamin C mg 1.0
Thiamin mg 0.022
Riboflavin mg 0.036
Niacin mg 0.419
Vitamin B-12 µg 0.00
Vitamin A, RAE µg 2
Vitamin A, IU IU 36
Vitamin D (D2 + D3) µg 0.0
Vitamin D IU 0**sumber : USDA

Cara Membudidayakan Dan Merawat Pohon Buah Tin
Buah Tin memerlukan sinar matahari penuh sepanjang hari guna menghasilkan kualitas buah yang maksimal. Pohon Tin bisa tumbuh sangat besar hingga ketinggian 15-30 meter seperti pohon beringin. Meski begitu, pohon Tin juga mampu dibudidayakan dalam pot atau tabulampot. Untuk pohon yang ditanam dalam pot biasanya ukuran tubuh akan beradaptasi sehingga tidak dapat tumbuh sebesar pohon Tin yang di tanam langsung pada tanah.

Syarat Tumbuh Pohon Tin
Memiliki temperatur suhu antara 21-27 derajat Celcius.
Pohon Tin dapat tumbuh pada ketinggian 800-1800 meter dpl pada daerah tropis.
Memiliki curah hujan sedang ( 500-550 mm/tahun ) dengan kelembaban tinggi.
Memiliki pH tanah 6.0-6.5 dengan tekstur tanah lempung serta sistem drainase yang baik.
Pohon Buah Tin menyukai sinar matahari langsung untuk membantu mematangkan buah.

Cara Pembuatan Bibit Pohon Buah Tin.

Untuk bisa mendapatkan bibit dari pohon Tin selain dari membelinya, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Cara memperbanyak bibit pohon Tin biasanya dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan perkembang-biakan generatif dengan menanam bijinya. Dengan penanaman bibit melalui biji, bibit yang dihasilkan nantinya akan memiliki sistem perakaran yang kuat. Selain itu kuantitas dari bibit dapat dilakukan sekaligus dalam jumlah besar. Namun dengan cara ini waktu yang dibutuhkan dalam produksi bibit cenderung lebih lama dan bibit yang dihasilkan pun belum tentu memiliki sifat yang identik dengan indukannya.

Baca juga: