Pemupukan lengkuas


Pemupukan lengkuas

Pemupukan organic

Pada pertanian organik yang tidak menggunakan bahan kimia termasuk pupuk buatan dan ob4t pertanian, maka pemupukan secara organik yaitu dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang di lakukan lebih sering dibanding kalau kita memggunakan pupuk buatan. Adapun pemberian pupuk kompos/kandang organik ini dilakukan pada awal pertanaman pada saat pembuatan guludan sebagai pupuk dasar yakni membutuhkan setidaknya 60 – 80 ton/ha yang ditebar dan di campurkan dengan tanah olahan.·      Pemupukan konvensionalSelain pupuk dasar (pada awal penanaman), tanaman perlu diberi pupuk susulan ke dua (pada saat tanaman berumur 2-4 bulan). Pupuk dasar yang digunakan adalah pupuk organik 15-20 ton/ha. Pemupukan tahap kedua digunakan pupuk kandang dan pupuk buatan (urea 20gram/pohon ; TSP 10 gram/pohon ; ZK 10 gram/pohon), serta K2O (112 kg/ha) pada tanaman yang berumur 2 bulan.

  1. Pengairan, penyiraman dan penyemprotan pestisida

Tanaman lengkuas tidak memerlukan air yang terlalu banyak untuk pertumbuhannya, akan tetapi pada awal masa tanaman diusahakan lakukan penyiraman. Sementara itu, waktu penyemprotan pestisida
Penyemprotan pestisida sebaiknya dilakukan mulai dari saat penyimpanan bibit yang untuk disemai dan pada saat pemeliharan. Biasanya dicampur dengan pupuk organik cair atau vitamin-vitamin yang mendorong percepatan pertumbuhan dan perkembangan tanaman lengkuas.

  1. Panen dan kegiatan Pemasaran

Waktu kegiatan panen simplisis rimpang lengkuas ditandai dengan berakhirnya masa vegetatif seperti daun menunjukkan gejala kelayuan secara fisiologis. Pada keadaan ini rimpang telah berukuran optimal dan umur pemanenan lengkuas sebaiknya pada umur 2,5 – 4 bulan, karena pada umur tersebut umbi dalam keadaan baik dan disukai oleh konsumen di pasaran.

Pemanenan dilakukan dengan cara membongkar rimpang dengan garpu atau cangkul secara hati-hati agar tidak terluka atau rusak. Tanah yang menempel pada rimpang dibersihkan dengan cara dipukul pelan-pelan sehigga tanah terlepas.

Setelah pemanenan di ladang, kebun maka langkah berikutnya adalah mencuci rimpang lengkuas hingga bersih, lalu siap edar di pasaran. Di pasaran sendiri harga lengkuas sangat bervariasi dan dijual dengan harga eceran atau per kilogram. Harga rimpang lengkuas putih maupun lengkuas merah di pasar-pasar tradisional di kota Bandarlampung (Lampung), bisanya dijatuhkan harga Rp. 6.500/kg, tentu harga ini tidak sepenuhnya berlaku untuk daerah-daerah lain di Indonesia.