Hak milik pribadi


Hak milik pribadi

Dalam sistem ekonomi kapitalis alat-alat produksi atau sumber daya ekonomi, seperti SDA, modal, dan tenaga kerja, dimiliki oleh individu dan lembaga-lembaga swasta.

  1. Kebebasan berusaha dan kebebasan memilih

Dalam sistem ekonomi kapitalis, yang dimaksud dengan kebebasan beruasah adalah kegiatan produksi dapat dengan bebas dilakukan oleh siapa saja yang mempunyai inisiatif. Sedangkan yang dimaksud dengan kebebasan memilih adalah sistem ekonomi kapitalis adalah menyangkut kedaulatan konsumen dan kebebasan pengusaha untuk memperoleh sumber daya ekonomi untuk memproduksi suatu produk yang dipilihnya sendiri untuk dijual dengan tujuan mencari keuntungan yang maksimum. Kebebasan memilih juga mencakup kebebasan pekerja untuk memilih setiap jenis pekerjaan yang dikehendakinya. Kebebasan memilih juga termasuk dalam kebebasan membuat berbagai perjanjian.

  1. Motif kepentingan sendiri

Kekuatan utama dari sistem ekonomi kapitalis adalah motivasi individu untuk memenuhi kepentingan/keuntungaan diri sendiri.

  1. Persaingan

Sistem persaingan bebas merupakan salah satu lembaga penting dari sistem ekonomi kapitalis. Setiap individu atau pelaku ekonomi swasta, baik pembei maupun penguasha, dengan motivasi mencari keuntungan yang maksimum bebas bersaing dipasar dengan kekuatan masing-masing. Setiap pelaku ekonomi swasta bebas memasuki dan meninggalkan pasar.

  1. Harga di tentukan oleh mekanisme pasar

Segala keputusan yang diambil oleh pengusaha (penjual) dan kosumen (pembeli) dilakukan melalui sistem pasar. Dalam perkataan lain, tingkat harga dan jumlah produksi  yang terjual ditentukan sepenuhnya oleh kekuataan permintaan dan penawaran.

  1. Perana tebatas pemerintah

Dalam sistem ekonomi kapitalis, pemerintah masih mempunyai peran yang dapat membatasi berbagai kebebasan individu, misalnya mengeluarkan peraturan-peraturan yang melarang praktik-praktik monopoli yang sifatnya non-alamiah dan melindungi hak-hak konsumen pekerja.

Dumairy (1996) mendefinisikan sistem ekonomi kapitalis dilihat dari terminologi teori ekonomi mikro. Menurutnya sistem ekonomi kapitalis merupakan Suatu sistem ekonomi yang mnyadarkan diri sepenuhnya pada mekanisme pasar, prinsip laissez fair (persaingan bebas), meyakini kemampuan “ the invisible hand” , dalam menuju efisiensi ekonomi. Mekanisme pasar (kekuatan permintaan dan penawaran) yang akan menentukan secara efisien ketiga pokok pesoalan ekonomi (apa yang harus di produksi, bagaimana memproduksinya, dan untuk siapa di produksi).

Negara-negara yang menganut sistem ini antar lain, USA, Argentina, Brazil, Perancis, jerman, Yunani, Korea Selatan, Thailand, Australia, Afrika Selatan dan sebagainya.

Hak milik pribadi

Sistem Ekonomi Liberal