Sasaran kegiatan proses belajar mengajar.


  1. Sasaran kegiatan proses belajar mengajar.

Setiap kegiatan belajar mengajar, apapun materinya selalu memiliki sasaran (target). Sasaran, yang juga lazim disebut tujuan itu pada umumnya tertulis, walaupun ada juga sasaran tidak tertulis yang dikenal dengan objective in mind.

Sasaran yang dituju oleh proses belajar mengajar bersifat bertahap dan meliputi beberapa jenjang dari jenjang yang konlret dan langsung dapat dilihat dan dirasakan sampai yang bersifat nasional dan universal. Ditinjau dari sudut waktu pencapaiannya, sasaran proses belajar mengajar dapat dikategorikan dalam tiga macam, yaitu:

  1. sasaran-sasaran jangka pendek, seperti TPK (Tujuan pembelajaran Khusus).
  2. 2. sasaran-sasaran jangka menengah, seperti tujuan pendidikan dasar, yakni untuk mempersiapkan siswa mengikuti pendidikan menengah.
  3. sasaran-sasaran jangka panjang, seperti tujuan pendidikan nasional.

Pada prinsipnya, setiap guru hanya wajib bertanggung jawab atas terselenggaranya proses belajar mengajar atau bidang studi pegangannya. Namun di samping itu, ia pun diharapkan ikut memikul tanggung jawab bersama dalam mencapai tujuan yang lebih jauh seperti tujuan institusional (satuan pendidikan tempatnya betiugas), dan tujuan nasional. Menyadari adanya keterkaitan antara pelaksanaan proses belajar mengajar bidang studi seorang guru dengan pelaksanaan proses belajar mengajar bidang studi lainnya, juga keterkaitan antara seluruh kegiatan proses belajar mengajar dengan tujuan yang bersifat konstitusional, maka setiap guru harus ikut memikul tanggung jawab mencapai tujuan bersama yang berskala nasional bahkan universal.

Tanggung jawab para guru tidak terbatas pada pencapaian kecakapan-kecakapan tertentu yang dikuasai para siswa, tetapi lebih jauh lagi yakni mencapai tujuan-tujuan ideal. Tujuan-tujuan itu ideal meliputi:

https://carbomark.org/league-of-masters-apk/