PRINSIP-PRINSIP PROSES BELAJAR MENGAJAR


PRINSIP-PRINSIP PROSES BELAJAR MENGAJAR

  1. Konsep dasar belajar mengajar

Hal-hal yang termasuk dalam konsep dasar belajar mengajar meliputi:

  1. Definisi dan komunikasi dalam proses belajan mengajar.

Pada umunya para ahli sependapat bahwa yang disebut dengan proses belajar mengajar ialah sebuah kegiatan yang integral (utuh terpadu) antara siswa sebagai pelajar yang sedang belajar dengan guru sebagai pengajar yang sedang mengajar. Dalam kesatuan kegiatan ini terjadi interaksi resiprokal yakni hubungan antara guru dengan para siswa dalam situasi instruksional yaitu suasana yang bersifat mengajar.

Dalam siatuasi instruksional ini, para siswa menjalni kegiatan belajar melalui interaksi dengan tahapan mengajar yang dilakukan guru. Jadi disamping para siswa melakukan proses belajar dalam suasana komunikasi dua arah, seharusnya mereka juga dapat dapat melakukan dalam suasana dalam komunikasi multi arah. Selanjutnya dalam proses belajar mengajar selayaknya dipandang sebagai kegiatan sebuah sistim yang memproses input, yakni para siswa yang diharapkan terdorong secara intrinsik untuk melakukan belajar aneka ragam materi pelajaran yang disajikan dikelas. Hasil yang diharapkan dari proses belajar mengajar tersebut adalah output berupa para siswa yang telah mengalami perubahan positif baik dimensi ranah cipta, rasa, maupun karsanya. Sehingga cita-cita mencetak sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitaspun tercapai.

  1. Strategi Perencanaan proses belajar mengajar

Strategi menurut pengertian bahasa (Inggris) adarah siasat, kiat atau rencana. Dalam pembahasan proses belajar mengajar, strategi berarti prosedur atau langkah-langkah pelaksanaan pencapian sasaran yang telah ditetapkan. sama halnya dengan strategi mengajar, strategi proses belajar mengajar juga memerlukan alokasi upaya kognitif (pertrimbangan akal) secara cermat.

Dalam proses belajar mengajar dikenal adanya garis-garis besar haluan sebagai prosedur (tahapan/langkah-langkah) untuk merealisasikan rencana pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar. Pada umumnya, para ahli pendidikan mengemukakan empat langkah besar sebagai prosedur penyusunan rencana pengelolaan proses belajar mengajar. Langkah-langkah ini pada asasnya hanya merupakan “pendahuluan” proses belajar mengajar yang akan selenggarakan

https://ntclibya.com/maze-bandit-apk/