PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI


PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI

PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGIPERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI

Ilmu Pengetahuan Alam diperkirakan muncul pada abad pertengahan (1500 -1600 M). kemudian muncul banyak orang yang ahli dibidang ilmu pengetahuan . Ilmu epngetahuan makin hari makin berkembang , semakin meluas dan mendalam.
Ilmu pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang membahas tentang membahas tentang alam semesta dan segala isinya. Sedangkan, teknologi IPA adalah suatu penerapan IPA untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, sebagai berikut:

1. Teknologi maju,
yakni teknologi tingkat pertama suatu usaha yang mengarah pada bidang pendidikan,latihan serta pembinaan para tenaga peneliti ilmiah untuk selalu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang vital serta dibutuhkan oleh suatu Negara.

2. Teknologi adaptif (teknologi madya),
adalah perkembangan dari suatu teknologi pada suatu Negara maju yang penggunaanya masih harus disesuakan dengan kondisi lingkungannegara yang memerlukan.

3. Teknologi protektif,
adalah teknologi yang digunakan untuk melindungi (konservasi, restorasi, dan regenerasi) segenap sumber daya alm yang ada.

Pada mulanya, antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak selalu ada kaitannya,maksudnya suatu pengetahuan tidak harus menjadi ilmu terlebih dahulu.

MATERI DAN ENERGI

Yang dimaksud dengan materi dalam fisika adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati ruang. Materi diklasifikasikan menjadi campuran homogeny dan campuran heterogen.
Sedangkan yang dimaksud dengan energy adalah sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat lain. Enegi ini bermacam-macam bentuknya, sebagai berikut:

1. Energy mekanik 

Merupakan jumlah dari energy potensial dan energy kinetik.

2. Energy panas 
Sering disebut energy kalor. Pemberian panas pada suatu benda dapat menyebabkan kenaikan suhu benda atau mengubah bentuk ukuran maupun volume suatu benda.

3. Energi magnetic 
Adalah energy yang timbul bila kutub dua batang magnet didekatkan.

4. Energy listrik 
Dari tenaga diesel dan nuklir serta lainnya.

5. Energy kimia 
Energy yang diperoleh melalui suatu proses kimia, contohnya manusia dapat memperoleh energy dari perubahan makanan yang dikomsumsinya.

6. Energi bunyi
Energy bunyi dapat diartikan sebagai getaran.

7. Energy nuklir 

Energy nuklir diperoleh apabila suatu atom dipecah menjadi inti atom dan electron.

8. Energy cahaya 
Matahari adalah sumber utama cahaya yang digunakan oleh manusia , sedangkan tumbuhan memerlukan matahari untuk melakukan fotosintesis.


Baca juga: