HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Putusan yang Dapat di Eksekusi atas Tanah yang Masih Dalam Proses Peninjauan Kembali

Eksekusi atau pelaksanaan putusan Pengadilan adalah merupakan rangkaian terakhir daripada proses peradilan. Suatu putusan dapat dilaksanakan apabila ia telah berkekuatan hukum temp, artinya atas putusan tersebut sudah tertutup dan sudah tidak ada lagi jalan untuk upaya hukum biasa bagi pihak atau pihak-pihak yang berperkara. Oleh sebab itu tujuan akhir pencari keadilan ialah agar segala hak-haknya yang dirugikan oleh pihak lain dapat dipulihkan melalui putusan Hakim. Hal ini dapat tercapai jika putusan Hakim dapat dilaksanakan.

Kekuatan hukum tetap/pasti akan tercipta pada suatu putusan apabila:

  1. Pihak yang merasa dirugikan atau dikalahkan menerima dan akan melaksanakan putusan Pengadilan Agama secara sukarela
  2. Pihak atau pihak-pihak yang merasa dirugikan atau tidak puas atas putusan tersebut, tidak memanfaatkan upaya hukum dalam tenggang waktu yang telah ditentukan undang-undang.
  3. Segala upaya hukum mulai dari verzet/banding maupun kasasi telah dilakukan oleh pihak atau pihak-pihak yang merasa dirugikan/tidak puas dengan putusan tersebut.

Dalam hukum acara perdata umum tidak semua putusan perlu iilaksanakan, kecuali putusan yang bersifat condemnatoir, yakni yang bersifat perintah atau penghukuman kepada seseorang atau pihak untuk membayar sejumlah uang atau melakukan suatu perbuatan.

Adanya beberapa jenis pelaksanaan putusan, yaitu:

  1. Putusan yang menghukum salah satu pihak untuk membayar sejumlah uang. Hal ini diatur dalam pasal 196 HIR, pasal 208 RBg.
  2. Putusan yang menghukum salah satu pihak untuk melakukan suatu perbuatan. Hal ini diatur dalam pasal 225 HIR, pasal 259 RBg.
  3. Putusan yang menghukum salah satu pihak untuk mengosongkan suatu benda tetap, yang disebut dengan eksekusi rill. Hal ini diatur dalam pasal 1033 Rv.
  4. Eksekusi rill dalam bentuk penjualan lelang. Hal ini diatur dalam Pasal 200 ayat (1) HIR, pasal 218 ayat (2) RBg.

Putusan yang dapat dieksekusi ialah yang memenuhi syarat-syarat untuk dieksekusi, yaitu:

https://promo-honda.id/planmaker-full-apk/