Siapakah Marquez di Google Doodle hari ini?


Siapakah Marquez di Google Doodle hari ini?

Siapakah Marquez di Google Doodle hari ini

Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-91 penulis asal Kolombia

Gabriel García Márquez.

“Lahir di Aracataca, Kolombia, Gabo dianggap salah satu penulis paling penting abad ke-20. Dalam karir kesusastraannya yang panjang, dia menulis lebih dari 25 buku,” begitu Google menjelaskan sosok Gabriel García Márquez yang dikenal dengan nama Gabo.

García Márquez mengawali karir sebagai seorang jurnalis, dan mulai menulis

tulisan non-fiksi, cerita pendek, namun dia dikenal dengan sejumlah novelnya, seperti “One Hundred Years of Solitude” (1967), “The Autumn of the Patriarch” (1975), and “Love in the Time of Cholera” (1985).

“Keberanian politik Gabo yang tajam juga memungkinkannya untuk menulis sejumlah karya non-fiksi… “News of a Kidnapping” menjadi salah satu yang paling terkenal,” jelas Google.

Pada 1982, García Márquez meraih nobel kesusastraan, yang menjadikannya

orang Kolombia pertama dan orang Amerika Latin keempat yang menerima nobel tersebut.

Digambarkan di Doodle hari ini adalah kota magis Macondo, yang dihidupkan oleh García Márquez dalam bukunya “A Hundred Years of Solitude.”

Tulisan Google seakan berada di tengah hutan Amazon yang dipenuhi daun dan tumbuhan menjalar. Tak lupa, sungai mengalir disertai beberapa ikan, serta kupu-kupu yang hinggap di denaunan.

Ilustrasi yang dibuat oleh Matthew Cruickshank tersebut juga menampilkan doodle wajah tampak samping García Márquez, juga pria dan wanita yang mengenakan pakaian khas Meksiko.

García Márquez meninggal dunia di usia 87 tahun karena pneumonia, tepatnya pada 17 April 2014 di Mexico City.

 

sumber :

https://digitalcamera.co.id/ski-safari-2-apk/