7 cara lindungi mata dari bahaya cahaya biru ponsel


7 cara lindungi mata dari bahaya cahaya biru ponsel

7 cara lindungi mata dari bahaya cahaya biru ponsel

Sejak smartphone masuk dalam kehidupan kita, pola tidur juga ikut berubah. Bahkan tidak sedikit orang yang masih memainkan ponsel sambil menunggu rasa kantuk datang.

Bahayanya, kebiasaan ini dapat merusak penglihatan. Penelitian dari University of Toledo malah mengungkapkan bahwa cahaya biru dari ponsel dapat menyebabkan kebutaan.

Studi tersebut menemukan bahwa cahaya biru menimbulkan reaksi racun dalam molekul retina yang merasakan cahaya dan sinyal otak. Akibatnya, reaksi kimia beracun itu membunuh fotoreseptor mata dan tidak dapat dipulihkan sampai mereka mati.

Untuk menghindari masalah yang serius, baiknya segera selamatkan mata Anda

dari cahaya smartphone dengan beberapa cara mudah berikut ini.

1. Istirahatkan mata sejenak

Berhentilah menatap layar ponsel setiap 20 menit selama 20 detik. Kemudian lihatlah sesuatu sejauh 20 kaki. Hal tersebut bertujuan untuk mengendurkan otot-otot mata untuk sementara dan memberi Anda sedikit istirahat.

Baca juga: Melindungi anak-anak Indonesia dari dampak buruk gawai

2. Lebih sering berkedip

Saat Anda berkonsentrasi pada smartphone, tingkat kedipan pun ikut menurun

. Hal ini dapat menyebabkan air mata di permukaan mengering sehingga membuat iritasi, mata merah, perih dan penglihatan menjadi buram. Dengan lebih sering berkedip, akan membuat mata menjadi lembab dan mengurangi iritasi. Setidaknya berkediplah sekira 10 kali setiap 20 menit.

3. Turunkan cahaya

Layar yang terang atau silau, dapat membuat mata lelah lebih cepat.

Kalau bisa, lengkapi juga ponsel dengan kaca anti-glare atau Anda bisa mengunduh aplikasi reduksi cahaya untuk mengurangi cahaya biru pada ponsel.

 

sumber :

https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/seva-mobil-bekas/