Lima tahun Kominfo, dari Palapa Ring hingga pembatasan internet


Lima tahun Kominfo, dari Palapa Ring hingga pembatasan internet

Lima tahun Kominfo, dari Palapa Ring hingga pembatasan internet

Rudiantara yang memimpin Kementerian Komunikasi dan Informatika

(Kominfo) sejak 2014, masa jabatannya di Kabinet Kerja berakhir dalam waktu dekat, menyusul akan diumumkannya susunen kabinet setelah pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada 20 Oktober.

Menkominfo Rudiantara memiliki rekam jejak panjang di dunia telekomunikasi, yang membantunya merealisasikan sejumlah kebijakan maupun pembangunan yang vital bagi sektor telekomunikasi dan digital di Indonesia. Berikut ulasannya:

1. Palapa ring

Palapa Ring

Proyek infrastruktur jaringan tulang punggung Palapa Ring

merupakan salah satu program utama Kominfo untuk meratakan akses telekomunikasi dan internet di Indonesia.

“Bukan saya yang menggagas Palapa Ring,” kata Rudiantara saat mengadakan acara ramah-tamah di Jakarta, Kamis (17/10) malam.

Palapa Ring salah satu pekerjaan lama yang tertunda, diwacanakan sekira 2007 lalu. Kominfo mulai membangun Palapa Ring pada 2015 lalu, membaginya menjadi tiga bagian sesuai dengan wilayah geografis Indonesia, yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur.

Palapa Ring atau yang juga populer dengan nama “tol langit”

baru saja diresmikan pada 14 Oktober lalu, setelah paket Timur, yang paling sulit dibangun selesai dan dapat beroperasi. Proyek ini berupa infrastruktur telekomunikasi jaringan serat optik total sepanjang 12.000 kilometer untuk ketiga paket Palapa Ring, membentuk cincin backhaul untuk menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia, mengutip situs Kominfo.

Kabel serat optik Palapa Ring menjangkau 90 kabupaten/kota dengan rincian 57 kabupaten/kota layanan dan 33 kabupaten/kota interkoneksi.

 

sumber :

https://pakdosen.co.id/seva-mobil-bekas/