KELEBIHAN DEMOKRASI LIBERAL


KELEBIHAN DEMOKRASI LIBERAL

KELEBIHAN DEMOKRASI LIBERAL

KELEBIHAN DEMOKRASI LIBERAL

Kelebihan pertama dari demokrasi liberal adalah setiap individu memiliki kebebasan yang sangat tinggi. Sehingga, penegakkan Hak Asasi Manusia juga akan semakin ketat. Pelanggaran terhadap individu pun bisa dijerat oleh pasal. Sehingga, individu menjadi semakin bebas baik itu untuk bertindak atau memberikan aspirasinya.

1. PENDAPATAN PENDUDUK MENJADI TINGGI

Kelebihan berikutnya adalah tingkat pendapatan dari penduduk juga semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena roda ekonomi tidak begitu diatur ketat oleh pemerintahan. Para pengusaha bisa lebih bebas mengembangkan bisnis dan sebagainya. Itulah yang membuat tingkat pendapatan dari penduduk menjadi semakin tinggi.

2. KEKUASAAN PEMERINTAH TIDAK DISALAHGUNAKAN

Adanya demokrasi liberal memungkinkan tidak adanya penyalagunaan kekuasaan pemerintah. Karena di dalam demokrasi ini rakyat memiliki peran yang sangat penting. Bahkan, kekusaan pun berfokus kepada parlemen, sehingga semua bisa dikontrol dengan baik. Hal inilah yang dapat meminimalisir terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.

3. KESIAPAN UNTUK MENANG DALAM PERANG LEBIH TINGGI

Karena di dalam demokrasi liberal semua berasal dari rakyat, maka akan ada kompetisi tersendiri saat pemilihan presiden, parlemen dan sebagainya. Oleh karena itu, mereka akan mempersiapkan kemenangan dengan lebih baik dan lebih tertata. Sehingga, Negara akan mendapatkan pemimpin yang terbaik.

4. LEBIH FOKUS TERHADAP RANCANGAN JANGKA PENDEK NEGARA

Kelebihan selanjutnya dari sistem demokrasi liberal adalah fokusnya lebih kepada rencana jangka pendek saja. Sehingga, dengan begitu program-program yang ada akan dapat terealisasi dengan cepat dan maksimal. Dampak atau efek dari rencana tersebut juga bisa dirasakan secara langsung oleh rakyat.

5. ADANYA PENINGKATAN TEKNOLOGI DAN ILMU PENGETAHUAN

Kelebihan terakhir dari demokrasi liberal adalah teknologi semakin mengalami peningkatan. Hal ini karena masyarakat menjadi semakin leluasa untuk berinovasi dan berkarya. Selain dari sisi teknologi, juga ada peningkatan dari ilmu pengetahuan. Kebebasan yang ada mendorong kepada banyak orang untuk meningkatkan pengetahuan masing-masing.


Baca Juga :