BANDAR UDARA INTERNASIONAL AJI PANGERAN TUMENGGUNG PRANOTO


BANDAR UDARA INTERNASIONAL AJI PANGERAN TUMENGGUNG PRANOTO

BANDAR UDARA INTERNASIONAL AJI PANGERAN TUMENGGUNG PRANOTO

BANDAR UDARA INTERNASIONAL AJI PANGERAN TUMENGGUNG PRANOTO

Bandar Udara Internasional APT Pranoto yang juga dikenal

bandara Samarinda Baru merupakan Bandara yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur tepatnya memiliki lokasi di kawasan Sungai Siring. Bandara ini tergolong bandara baru dan diopersikan pertanggal 24 Mei 2018. Bandar Udara Internasional APT diresmikan oleh Awang Faroek Ishak, Gubernur Kalimantan Timur.

Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto ini menggantikan Bandar Udara Temindung, bandar udara di Kalimantan Timur sebelumnya yang sudah tidak dapat lagi beroperasi dan dikembangkan. Penamaan dari bandar udara internasional ini diambil dari nama Gubernur Kalimantan Timur yang pertama yakni Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.

Belum ada pengakuan dan bukti tertulis bahwa bandara Samarinda Baru ini merupakan bandara bertaraf internasional tetapi sudah ada kesepakatan antara kementerian perhubungan dengan Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak bahwa status bandara ini merupakan bandara internasional.

Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto memiliki beberapa fasilitas seperti gedung administrasi, Apron (lapangan parkir pesawat), runway dengan luas 2250 m x 45 m, taxiway dengan luas 73 m x 23 m, hanggar seluas 36342,4 meter persegi, perumahan karyawan yang bertugas di bandara serta gedung ATC. Luas dari Bandara APR Prannoto kurang lebih sekitar 13 ha.

Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto merupakan bandara yang telah direncanakan untuk melayani penerbangan niaga maupun non niaga, berjadwal maupun tidak berjadwal dengan rute penerbangan luar negeri maupun dalam negeri. Beberapa pesawat tahap awal yang beroperasi ialah ATR 72/500 dan sejenisnya.


Sumber: https://www.thorhammer.co.id/dragon-ball-z-apk/