Perilaku Organisasi


Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi
Perilaku Organisasi

Kata peri-laku organisasi adalah terjemahan dari kata bahasa Inggris organizational behavior. Itulah yang menurut saya bisa menjelaskan mengapa terjadi konflik internal di PKB dan mungkin juga di kalangan NU. Yang dibutuhkan ialah peri-laku organisasi yang membiasakan transparansi, ketaatan pada aturan yang ada (taat asas) sesuai dengan kesepakatan dan penafsiran bersama.

Tentunya harus dihindari adanya ketentuan organisasi yang multi tafsir. Salah satu yang layak untuk dikemukakan ialah ketentuan apakah seorang fungsionaris NU yang maju dalam pilkada/pilpres harus mundur atau cukup hanya non-aktif. Saat ini kita melihat paling tidak ada empat pimpinan NU/banomnya yang menjadi cagub/cawagub yaitu Saifullah Yusuf (Ketua Umum PP GP Ansor/cawagub Jatim , Khofifah (Ketua Umum PP Muslimat NU/cagub Jatim), Ali Maschan Musa (Ketua PWNU Jatim/cawagub Jatim) dan Moh. Adnan (Ketua PWNU Jateng/cawagub Jateng).

Tentu ada yang bertanya mengapa hanya Ali Maschan saja yang diberhentikan dari jabatannya sedangkan yang lain cukup hanya non-aktif selama masa kampanye dan berhenti dari jabatannya apabila terpilih. Jawabannya ialah karena Ali menandatangani Kontrak Jam’iyah yang melarangnya ikut menjadi cagub/cawagub. Mengapa yang lain tidak harus menandatangani juga Kontrak Jam’iyah? Kalau yang terpilih sebagai gubernur/wakil gubernur harus mundur, mengapa Fauzi Bowo saat menjadi wagub boleh menjadi Ketua PWNU DKI?

Itulah contoh dari perilaku organisasi yang bisa memicu konflik internal seperti yang terjadi di PWNU Jatim belakangan ini. Perilaku organisasi yang tidak konsisten antara satu tempat dengan tempat lainnya. Saya bukan bermaksud membela Ali Maschan, sudah tepat kalau Syuriyah PWNU Jatim memberhentikannya. Seharusnya yang lain juga harus menandatangani Kontrak Jam’iyah dan juga harus mundur kalau menjadi cagub/cawagub. Siapa yang harus mengawasi hal semacam itu? Tentunya PBNU. Karena ini adalah masalah kebijakan, maka Syuriyah PBNU diharapkan lebih berperan.

Sumber : https://dunebuggyforsale.org/speed-legends-apk/