PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER


PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

aringan komputer merupakan jaringan yang memungkinkan adanya komunikasi antar perangkat komputer satu dengan yang lain dalam bentuk pertukaran data. Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai istilah yang merujuk pada kumpulan dari beberapa terminal komunikasi yang tersusun atas dua atau lebih komputer dan saling terhubung.

Jaringan komputer dibuat dengan tujuan supaya informasi ataupun data yang dikirim oleh transmitterbisa sampai ke receiver (penerima) dengan tepat sasaran dan sesuai target. Dengan adanya jaringan komputer pengguna dapat berkomunikasi antara saut pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya dengan sangat mudah.

SISTEM CLIENT-SERVER JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer juga sangat diperlukan untuk melakukan integrasi data beberapa komputer clientagar diperoleh data hasil integrasi yang relevan. Komputer yang berperan sebagai penerima layanan jaringan disebut client, sedangkan komputer yang memberikan layanan jaringan disebut server. Konsep jaringan ini disebut dengan sistem client-server. Hampir semua aplikasi jaringan komputer menggunakan sistem client-server.

Cara kerja dari jaringan komputer adalah dengan adanya dua atau lebih komputer yang masing-masing komputernya mempunyai sebuah kartu jaringan, lalu disambungkan menggunakan kabel maupun secara nirkabel sebagai media transmisi data. Perangkat lunak sistem operasi jaringan yang berada di semua komputer yang terhubung kemudian kan membuat sebuah jaring komputer yang simpel.

Untuk jaringan komputer yang lebih luas dengan komputer yang banyak maka akan memerlukan perangkat tambahan untuk menghubungkan transmisi data seperti bridge, hub, switch, router, gateway.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

  • Dengan jaringan komputer seseorang yang berbeda negara dapat berhubungan dengan mudah
  • Pengiriman data melalui jaringan komputer dapat dilakukan secara cepat dan efisien
  • Jaringan komputer memungkinkan pengguna mengakses data yang dimiliki pengguna maupun data pengguna lain yang sudah disebar menggunakan jaringan seperti internet
  • Antar pengguna jaringan komputer dapat saling mengirim teks, gambar, audio, maupun multimedia lainnya seperti video secara langsung (real time)melalui jaringan komputer.
  • Pengguna dapat mengakses berbagai macam informasi dan berita melalui situs internet yang diaman internet ini merupakan jaringan komputer secara global.
  • Salah satu contoh efisiensi akibat penggunaan jaringan komputer adalah semisal dalam suatu kantor diperlukan printer untuk mencetak, tidak perlu menyediakan satu printer untuk setiap komputer, namun hanya perlu menyediakan satu printer untuk beberapa komputer dan kemudian antar komputer tersebut disambungkan melalui sebuah jaringan lokal. Dengan cara ini semua karyawan kantor dapat mencetak dengan printer yang sama dari komputernya masing-masing.

Baca Juga :