Jenis Virus Komputer


Jenis Virus Komputer

Jenis Virus Komputer

Jenis Virus Komputer

VIRUS TROJAN

Virus trojan sudah cukup vamiliar dikalangan pengguna komputer. Berbagai versi virus ini telah banyak mengakibatkan gangguan pada banyak komputer di dunia. Virus Trojan dirancang untuk melakukan pencurian data atau informasi pada suatu komputer dan sistem.

Awalnya Trojan bukan termasuk jenis virus, namun karena keberadaannya mencuri data dan sangat mengganggu akhirnya trojan masuk kedalam kategori virus komputer. Data dan informasi yang dapat dicuri biasanya pada perangkat yang terhubung ke internet seperti email, password. Untuk memberikan Trojan dapat menginstal Trojan remover.

VIRUS WORM

Virus komputer jenis ini umumnya adalah program yang dirancang untuk menggandakan diri dengan cepat. Sifat menggandakan diri dari virus worm dapat mengancam sistem komputer anda. Biasanya apabila berlangsung lama dapat membuat kerja komputer lambat  hingga merusak sistem. Karena dapat merusak memori komputer.

Biasanya virus ini menyebar melalui internet. Kemudian saat menginveksi suatu komputer usir biasanya tidak sadar jika komputernya terkena virus jenis worm. Virus ini mulai terasa saat kerja komputer menjadi lambat dan banyak terdapat file sampah dengan jenis yang sama yang sulit dihapus.

VIRUS JENIS SCRIPTING WEB

Awalnya scripting web merupakan suatu kode program untuk mendesain sebuah website. Namun ternyata dalam penggunaannya kode ini dapat berubah menjadi virus dan mengganggu program yang bekerja. Virus komputer jenis ini biasanya muncul pada saat komputer terhubung ke internet.

Cara mengatasi masalah yang diakibatkan virus komputer jenis ini adalah dengan menginstal software bawaan dari Windows yaitu Microsoft Tool. Kemudian lakukanlah scan atau pindai secara berkala menggunakan software tersebut.

JENIS VIRUS KOMPUTER MULTIPARTITE VIRUS

Virus ini biasanya bersembunyi pada RAM sebuah komputer. Virus jenis ini sifatnya mirip dengan memory resident virus. Awalnya virus akan berdiam pada memori semetara kemudian seiring waktu akan menyerang harddisk komputer. Keluhan yang dirasakan biasanya komputer menjadi lambat dan banyak data pada memori yang rusak.

Untuk mengatasi virus jenis ini caranya adalah dengan melakukan disk defragmenter dan membersihkan bad sector. Cara tersebut biasanya digunakan pada sistem operasi Windows. Jika menggunakan sistem operasi lain biasanya juga menggunakan cara yang hampir sama.

JENIS MEMORY RESIDENT VIRUS

Terlihat dari namanya virus komputer jenis ini dibuat untuk mengganggu atau menginfeksi memori pada komputer atau RAM.  Virus ini berada di memori dan mengurangi kinerja memori. Akan terasa saat komputer dinyalakan dan digunakan untuk bekerja. Sehingga virus akan lebih aktif apabila komputer dinyalakan.

Efek dan pengaruh yang dibawa oleh virus komputer jenis ini adalah akan merusak program komputer. Awalnya program akan berjalan secara normal, namun semakin lama kineja akan melambat saat menggunakan program komputer. Selain itu virus tersebut juga dapat mengakibatkan sistem operasi komputer menjadi berat dan akhirnya lemot.


Sumber: https://www.r9racinggeneration.co.id/transport-tycoon-apk/