Jenis-Jenis RNA


Jenis-Jenis RNA

Jenis-Jenis RNA

Jenis-Jenis RNA

RNA ini terdapat tiga tipe utama atau tiga jenis utama yakni sebagai berikut :

Transfer RNA ( tRNA )

RNAyang dibentuk dari dalam nukleus tetapi menempatkan diri sitoplasma. tRNA ini merupakan RNA yang terpendek dan bertindak sebagai penerjemah kodon dari mRNA. tRNA memiliki proporsi nukleosida yang lebih relative tinggi. Transfer RNA ( transfer-Ribonucleic acid ) atau asam ribonukleat transfer ialah molekul yang menginterpretasikan pesan genetic berupa serangkaian kodon yang disepanjang molekul mRNA dengan cara mentransfer asam-asam amino ke ribosom dalam proses translasi.Tiap tRNA mengandung suatu sekuen dengan tiga rangkaian basa pendek, seluruh ujung 3’ tRNA mengandung sekuen SSA yang berseberangan dengan sekuen antikodon. Suatu amino tertentu akan melekat pada ujung 3 tRNA. Pelekatan ini merupakan cara berfungsinya tRNA yaitu dengan membawa asam amino spesifik yang nantinya berguna dalam sintetis protein yaitu pengurutan asam amino sesuai dengan urutan kodon pada tRNA.

Ribosomal RNA ( rRNA )
rRNA merupakan ribosom yang mengandung protein dengan massa yang hampir mirip. Molekulnya berupa pita tunggal tak bercabang dan fleksibel rRNA terdiri 80 persen total RNA yang dalam sel dan pada sel-sel tidak memiliki inti sejati yang terdiri dari beberapa tipe rRNA yaitu 23S Rrna, 16S Rrna dan 5S rRNA.

Mesengger RNA ( mRNA )
mRNA merupakan polinukleotida yang berbentuk pita tunggal linier dan disintetis oleh DNA di dalam nukleus. mRNA berupa rantai tunggal yang relative panjang, panjang pendeknya mRNA berhubungan dari panjang pendeknya rantai polipeptida yang disusun. Urutan pada rantai asam amino yang menyusun rantai polipeptida tersebut sesuai dengan urutan kodon yang ada dalam molekul mRNA bertindak sebagai pola cetakan dalam pembentukan polipeptida. Setiap molekul membawa salinan urutan DNA yang ditranslasikan dalam sitoplasma menjadi satu rantai polipeptida atau lebih. Fungsi utama mRNA ialah membawa kode-kode genetik dari DNA di inti sel menuju ke ribosom di sitoplasma. mRNA dibentuk jika diperlukan dan jika tugasnya telah selesai lalu dihancurkan dalam plasma.


Baca Juga :