Pengertian Psikologi Klinis Menurut Para Ahli


Pengertian Psikologi Klinis Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Klinis Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Klinis Menurut Para Ahli

Menurut J.H.Resinck

Psikologi klinis merupakan bidang dalam psikologi yang meliputi riset, pelayanan dan pengajaran yang relevan dengan prinsip-prinsip, metode-metode dan prosedur aplikasi untuk memahami, menduga dan mengurangi maladjustmen, ketidaknyamanan dan ketidakmampuan, diterapkan pada populasi klien untuk rentang yang luas.

Menurut Witmer

Psikologis klinis merupakan metode yang digunakan untuk mengubah atau mengembangkan jiwa seseorang berdasarkan hasil observasi dan eksperimen dengan menggunakan teknik penanganan pedagosis.

Menurut Corsini

Psikologis klinis merupakan cabang psikologi yang bersifat spesialis dalam studi, prevensi, diagnosis dan penanganan gangguan-gangguan perilaku dan gangguan mental dan tekanan-tekanan mental yang negatif.

Menurut American Psychological Association Clinical Section

Psikologi klinis merupakan suatu wujud psikologi terapan yang bermaksud memahami kapasitas perilaku dan karakteristik individu yang dilaksanakan melalui metode pengukuran, analisis dan pemberian saran serta rekomendasi agar individu mampu melakukan penyesuaian diri secara patut.

Menurut APA Division, 1992

Bidang psikologi klinis mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teori dan praktik untuk memahami, memprediksi dan mengurangi maladjustment, distabilitas dan ketidaknyamanan dan memperbaiki adaptasi, penyesuaian dan perkembangan pribadi manusia.

Psikologi klinis difokuskan pada aspek-aspek intelektual, emosional, biologis, psikologis, sosial dan perilaku dari fungsi manusia seumur hidupnya, di berbagai macam budaya dan disemua tingkat sosial ekonomi.

Menurut Reber, 1995

Psikologi klinis merupakan bidang psikologi yang berhubungan dengan perilaku yang menyimpang, maladaptif atau abnormal.

Dari pengertian psikologi klinis yang diungkapkan para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi klinis ialah cabang dari psikologi yang bersifat spesifik, dimana bertujuan untuk memahami perilaku individu yang dilaksanakan melalui metode pengukuran, analisis serta pemberian saran dan rekomendasi agar individu mampu melakukan penyesuaian.


Sumber: https://tokoherbacare.co.id/dead-plague-zombie-apk/