Opera Mini dan Kompresi Data


Opera Mini dan Kompresi Data

Opera Mini dan Kompresi Data

 

Opera Mini dan Kompresi Data
Opera Mini dan Kompresi Data

Salah satu hal yang membuat Opera Mini browser ponsel paling populer di dunia adalah kemampuannya untuk mengkompres data. Tentu saja, Anda tahu bahwa itu menghemat waktu dan uang – tetapi apakah Anda tahu cara kompresi data benar-benar bekerja?

Sebanyak yang kita ingin berpikir itu semua dilakukan dengan gelombang tongkat sihir perangkat lunak, ternyata kompresi data tidak satu tindakan tunggal begitu banyak sebagai serangkaian proses yang preps konten dari web dan membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk mengkonsumsi pada ponsel Anda.

Martin Nilsson, solution Architect untuk Opera Mini, menjelaskan bagaimana Opera Mini mampu melayani internet begitu banyak.

Martin, kapan ide untuk kompresi data pada Opera Mini pertama terjadi?

Opera proyek pertama bekerja pada kompresi yang terlibat mobile data adalah Opera Mobile Accelerator (catatan redaksi: diluncurkan pada tahun 2004, ini adalah layanan berbasis langganan yang harganya 12 USD untuk 3 bulan pelayanan!). Bahwa proyek dihentikan dan kami mulai bekerja pada Opera Mini sebagai gantinya. Ide dengan Opera Mini adalah untuk membuat browser untuk (pada saat itu) ponsel browserless.

Bagaimana Opera Mini bekerja hari ini?
Tidak seperti browser web biasa, Opera Mini mengambil semua konten melalui server proxy yang memformat ulang halaman web ke dalam format yang lebih cocok untuk layar kecil. Sebuah halaman dikompresi, kemudian dikirim ke telepon dalam bahasa markup disebut OBML (Opera Binary Markup Language). Proses kompresi membuat waktu transfer sekitar dua sampai tiga kali lebih cepat dan pengolahan pra juga meningkatkan kompatibilitas dengan halaman web tidak dirancang untuk ponsel.

Apa server lakukan dalam hal format ulang?
Perangkat mobile berbeda dalam banyak cara untuk perangkat desktop. Mengingat ukuran layar yang lebih kecil, penanganan teks yang berbeda dapat digunakan untuk meningkatkan keterbacaan. Juga antara perangkat mobile ada orang-orang dengan hanya keyboard angka, mereka yang memiliki keyboard QWERTY, dengan D-pad, stylus, sentuhan dll Banyak hal yang bekerja di desktop tidak bekerja di ponsel, terutama ketika tidak ada pointer mouse ke frame gulir atau melakukan tindakan mouseover. Untuk memecahkan masalah kegunaan banyak kecil, tweak perlu dibuat.

Apa yang terjadi ketika data akan dikompresi?
Pertama-tama, dan ini sangat penting, kompresi data tidak benar-benar membantu banyak dalam hal kecepatan. Yang penting adalah latency, waktu dari tindakan pengguna sampai tanggapan pertama terlihat. Beberapa metode utama untuk mengurangi latency meliputi:

client-server protokol Kami sendiri yang membuat koneksi didirikan untuk mengirimkan permintaan. Ada akhir

20-30% pengguna manfaat dalam hal latency.
Karena kita menggunakan permintaan single – single-respon protokol kita meminimalkan penggunaan jaringan radio latency tinggi dan malah mengambil semua inlines, stylesheet dll dari server cepat kami.
Kami menghubungkan langsung ke beberapa mitra konten seperti Facebook dan Google, dan bahkan memiliki web server perusahaan lain di ruang server kami sehingga latency dari relatif transcoder kami dengan volume konten adalah sekecil mungkin.

Ada juga beberapa jenis kompresi dan reduksi data yang digunakan dalam Opera Mini.

Server menyimpan informasi tentang klien, sehingga informasi ini hanya perlu dikirim dari klien ke server sekali, bukan di setiap request.
Cookie dikelola sepenuhnya pada sisi server, sehingga data tidak perlu bolak-balik sama sekali.
Gambar yang ditingkatkan untuk lebih sesuai dengan ukuran layar perangkat untuk membuat mereka sebagai ukuran seefisien mungkin sementara membuat halaman web yang dihasilkan sebagai tampan sebagai pengaturan pengguna akhir kualitas mengizinkan.

Akhirnya, data yang dihasilkan dikompresi dalam berbagai cara. Biasanya kami mengirim teks pertama, diikuti oleh link, elemen tata letak penting dan akhirnya semua grafis. Kami fokus juga pada pengiriman data di mana pengguna akan mulai membaca sebelum bagian lain dari halaman.

Mengingat bahwa semua data harus melewati server Opera, bagaimana dengan masalah keamanan?

 

Opera Mini seperti komputer desktop. Browser duduk di komputer sementara pengguna melihat layar. Dalam Opera Mini browser duduk di server kami sementara pengguna melihat halaman di handset mereka. Kita tahu bahwa keberhasilan Opera Mini tergantung pada kita mampu untuk menjalankan server aman. Sejauh ini kita belum punya insiden.

Apakah Opera Mini server semua di Norwegia?

Ada beberapa di Norwegia, tapi kami memiliki server di beberapa lokasi, di mana masuk akal dari perspektif

ekonomi dan kinerja. Salah satu contohnya adalah kita Islandia pusat data, yang duduk tepat antara AS dan Eropa, dan manfaat dari energi panas bumi.

sumber : opera.com
Nah dari oboran ini semua jadi kita tahu bagaimana proses di balik layar opera sehingga bisa tampil di layar kita. Sampai saat ini di mobile opera masih menempati rangking 1.

Sumber:

https://superforex.co.id/the-amazing-spider-man-apk/