Pengaruh Kedatangan Bangsa Eropa


Pengaruh Kedatangan Bangsa Eropa

Kedatangan bangsa Eropa ke indonesia membawa pengaruh yang sangat banyak bahkan sampai saat ini masih ada dan masih diterapkan di Indonesia. Berikut beberapa contoh pengaruh yang dibawa oleh bangsa Eropa yang dapat dilihat dari bebrerapa segi. Diantaranya dapat dilihat dari :
2.4.1 Bentuk Bangunan
Peninggalan budaya Belanda yang masih ada dan membudaya adalah rumah tinggal. Seperti diketahui, orang-orang Belanda kebanyakan tinggal di sentra-sentra kegiatan ekonomi di mana tanah dan material bangunannya cukup mahal. Sebab itu, banyak orang Belanda mengkonstruksi ruko (rumah sekaligus toko). Ruko ini pun marak dipakai oleh penduduk Tionghoa di kota-kota Indonesia.
Di masa sekarang, bentuk “ruko” ini cukup banyak bertebaran, terutama di kota-kota besar.Selain orang biasa, konstruksi banguna Belanda juga banyak dipakai oleh keluarga-keluarga “priyayi” Indonesia. Misalnya raja-raja Indonesia seperti di Banten dan Yogyakarta membangun rumah kediaman mereka serupa dengan konstruksi rumah-rumah Belanda. Tepatnya puri Belanda, yang juga berfungsi sebagai basis pertahahan terakhir tatkala terjadi perang.
Selain itu,bangunan Museum Fatahillah Jakarta merupakan wujud akulturasi dari kebudayaan yang dibawa oleh bangsa-bangsa Eropa ketika menjajah Indonesia. Bangunan Museum Fatahillah menyerupai Istana Dam di Amsterdam, yang terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

sumber :

Deemo 3.3.2 Full Apk + Mod Unlocked + Data for android