Fungsi Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan


Fungsi Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Fungsi Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Fungsi Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Sebagaimana yang disampaikan diatas bahwa fungsi administrasi, jika dihubungkan dengan administrasi pendidik maka bisa diartikan bahwa hal ini merupakan upaya peningkatan efektifitas guru, dosen dan lain-lain untuk mencapai tujuan pendidikan itu sendiri.

Semua kegiatan sekolah akan dapat berjalan lancar dan berhasil baik jikapelaksanaannya melalui proses-proses yang menurut garis fungsi-fungsi administrasipendidik/guru tersebut. yang mana fungsi-fungsi tersebut adalah:

  1. Perencanaan

Fungsi perencanaan administrasi guru ialah untuk mendapatkan calon tenagapengajar yang memang dibutuhkan. Perencanaan merupakan proses awal dalampelaksanaan untuk itu lembaga mampu merencanakan kebutuhan dimasa yang akandatang guna mendapatkan kebutuhan yang diperlukan dan guna mencapai tujuanpendidikan yang diinginkan. Jadi dengan adanya perencanaan yang terarah dansistematis pelaksanaan kegiatan akan berjalan lancar.

  1. Seleksi

Fungsi seleksi administrasi guru ialah penyeleksian calon tenaga pengajar  untuk direkrut atau diambil atas kebutuhan pada lembaga tersebut, yang manapenyeleksian juga harus dapat disesuaikan dengan persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh lembaga misalnya : persyaratan administrasi, ujian (tes), danwawancara dan persyaratan lainnya.

  1. Pengangkatan atau Penempatan

Fungsi pengangkatan dan penempatan administrasi guru adalah mengangkat calon tenaga pengajar yang memang sudah diseleksi dan sudah dipertimbangkan olehlembaga guna mendapatkan calon tenaga pengajar yang profesional. Sedangkanpenempatan calon tenaga pengajar harus disesuaikan dengan bidang keahliannyamasing-masing agar pelaksanaan tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif.

  1. Pembinaan

Fungsi pembinaan administrasi guru ialah untuk membina tenaga pengajar agar dapat meningkatkan kompetensi, peningkatan moral, disiplin kerja, melaluipendidikan dan pelatihan. Pembinaan harus dilakukan terus menerus sesuai dengantuntutan perkembangan zaman.

  1. Kesejahteraan

Fungsi kesejahteraan administrasi guru ialah untuk meningkatkan prestasi kerja dengan memberikan motivasi dan kepuasan kerja melalui kompensas. Kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima para tenaga pengajar sebagai balasan jasa untuk kerja mereka. Kesejahteraan tidak harus berupa materi semata melainkan juga pujian-pujian atas prestasi yang diraih oleh tenaga pengajar atau personil.

  1. Penilaian atau Evaluasi

Fungsi penilaian atau evaluasi administrasi guru ialah sebagai control terhadap pelaksanaan yang sudah dijalankan sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya. Untuk itu pelaksanan evaluasi atau penilaian dapat berjalan secara efektif bila pelaksanaanya berjalan dengan baik.

  1. Pemutusan Hubungan kerja

Fungsi pemutusan hubungan kerja administrasi guru ialah untuk mempertegas atau memperjelas keterikatan masa kerja yang sudah tidak ada. Hal ini misalnya adanya surat SK (surat keterangan) pensiun bahwa masa kerja dilembaga tersebut sudah selesai oleh sebab itu pelaksanaan pemutusan hubungan kerja dilakukan akhirselesai masa kerja.

  1. Fakta mengenai Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Fakta sederhana yang sering kita temui di lapangan adalah tugas guru dibenturkan dengan berbagai pekerjaan administrasi sekolah sehinnga kefokusan pendidik terpecah dan terbagi dan pada akhirnya fungsi pokok guru dilakukan dengan tidak maksimal.

Pada waktu yang lampau, pada umumnya tugas kewajiban guru hampir seluruhnya mengenai pekerjaan mengajar terus dalam arti menyampaikan keterangan-keterangan dan fakta-fakta dari buku kepada murid, memberi tugas-tugas dan memeriksanya.

Sekarang, guru harus juga memperhatikan kepentingan-kepentingan sekolah, ikut serta menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi sekolah, yang kadang-kadang sangat kompleks sifatnya.

Dalam banyak hal pekerjaannya berhubungan erat sekali dengan pekerjaan seorang pengawas, Kepala sekolah, pegawai tata-usaha sekolah, dan berbagai pejabat lainnya.Secara berangsur-angsur tekanan makin diberikan kepada partisipasi guru dalam administrasi pendidikan/sekolah, yakni penyelenggaraan dan management sekolah.Tokoh-tokoh pendidikan sekarang menekankan kepada gagasan tentang demokrasi dalam hidup sekolah: guru-guru hendaknya didorong untuk ikut serta dalam pemecahan masalah-masalah administratif yang langsung mempengaruhi status profesionil guru.


Sumber:

https://haciati.co/tasty-planet-forever-apk/