4 Hal Keren Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan USB OTG dan Smartphone Android


4 Hal Keren Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan USB OTG dan Smartphone Android

4 Hal Keren Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan USB OTG dan Smartphone Android

 

4 Hal Keren Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan USB OTG dan Smartphone Android
4 Hal Keren Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan USB OTG dan Smartphone Android

Kamu belum tau apa itu USB OTG? USB OTG adalah USB yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan perangkat smartphone dengan perangkat-perangkat lainnya yang di dukung. OTG sendiri adalah kepanjangan dari On The Go.

Jika kamu punya kabel USB OTG, maka kamu bisa melakukan 4 hal keren ini dengan smartphone android keren kamu.

Menghubungkan kontroler game dengan smartphone

Bermain game dengan mengandalkan layar touchscreen smartphone kamu terkadang tidak bisa seintuitiv ketika

menggunakan gamepad. Beberapa game yang lebih asik dimainkan dengan menggunakan gamepad adalah game balapan, game tembak-tembakan, dan game-game bergenre olahraga.

Saat ini, semakin banyak game yang mendukung penggunaan gamepad untuk memainkannya. Jika kebetulan kamu memiliki gamepad dan kabel USB OTG, kamu bisa menghubungkan gamepad dengan smartphone kamu. Main game jadi lebih seru.

Menghubungkan flashdisk dengan smartphone

Walaupun sudah ada beberapa smartphone yang menawarkan penyimpanan internal dengan kapasitas yang besar (sampai dengan 128), namun sebagian besar smartphone hanya memiliki kapasitas penyimpanan antara 16 GB dan 32 GB.

Karenanya, banyak yang menggunakan flashdisk untuk menyimpan data-datanya. Beruntung, saat ini ada yang namanya kabel USB OTG. Dengan kabel OTG, kamu bisa menggunakan flashdisk ke smartphone kamu seperti ketika digunakan di laptop.

Menghubungkan smartphone ke mouse dan keyboard

Jika kamu seorang penulis, pasti sudah tahu ‘kan kalau menulis di layar smartphone itu gampang-gampang susah.

Gampang, karena sekarang ada banyak sekali aplikasi keyboard cerdas dengan fitur autocorrect.

Namun bagaimanapun, mengetik dengan keyboard fisik jauh lebih asik (setidaknya begitu menurut pengalaman saya). Kamu bisa menghubungkan keyboard fisik ke smartphone android dengan menggunakan kabel OTG. Bukan hanya keyboard, mouse juga bisa kamu gunakan.

Menghubungkan smartphone dengan microphone external

Smartphone android memang memiliki mic bawaan. Namun, mic tersebut adalah untuk penggunaan umum. Jika kamu ingin mendapatkan kualitas rekaman suara yang lebih baik, kamu bisa menggunakan microphone external.

Dengan kabel OT, kamu bisa menghubungkan microphone tersebut ke smartphone androi. Jadi bisa rekaman

dengan smartphone android deh, tentu dengan kualitas suara yang lebiih bagus dibandingkan dengan menggunakan mic bawaan smartphone.

Bagaimana, keren bukan? Intinya, kabel OTG bisa menambah keren smartphone android kamu. Apalagi jika kamu memiliki perangkat-perangkat tambahan seperti flashdisk, gamepad, keybiard, mouse ataupun microphone external.

Sumber:

https://galleta.co.id/starlost-apk/