Aplikasi Komunikasi Data Antara Kunci Elektronik


Aplikasi Komunikasi Data Antara Kunci Elektronik

Aplikasi Komunikasi Data Antara Kunci Elektronik

Aplikasi Komunikasi Data Antara Kunci Elektronik
Aplikasi Komunikasi Data Antara Kunci Elektronik
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan fungsi AT89C52 yang tidak hanya sebagai kontrol untuk menggerakan perangkat keras secara fisik tetapi juga mampu sebagai media komunikasi data. Dengan cara, membangun sistem aplikasi yang dapat mengirimkandan menerima komunikasi data string dari Mikrokontroler ke PC maupun sebaliknya,menggunakan port serial dan pemrograman Visual basic 6.0Dalam penelitian ini Diperoleh kesimpulan bahwa Aplikasi komunikasi data antara
AT89C52 – PC yang telah dibuat, memiliki kemampuan yang sama dengan perangkat lunakkomersial yang beredar dipasaran, Pengujian yang dilakukan yaitu dengan mengirimkanstring dengan ukuran maksimum 64kb dari PC pada satu sesi kirim data dan diterima padamikrokontroler dengan data yang sama dan ukuran yang sama pula, dan begitu juga sebaliknya.
Kata kunci Mikrokontroler, AT89C52, PC, Komunikasi, Data, serial, port
1. Pendahuluan
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer khususnya pada embedded system,saat ini peranan software tidak dapat dipisahkan dari pesatnya perkembangan hardware. Software dapat berperan sebagai nyawa yang berfungsi untuk mengontrol dan menggerakkan segala aktivitas dari sebuah hardware, Tanpa software, hardware tidak bisa berfungsi maksimal.Agar penelitian ini lebih terfokus pada tujuan yang ingin dicapai, maka terdapat beberapa batasan masalah yang akan menjadi pokok pembahasan yaitu: Perangkat lunak dibangun untuk komunikasi data antara PC dan Mikrokontroler dengan port serial, mikrokontroler harus melalui RS232 / Max 232, komunikasi data hanya berupa karakter string yang dapat di konversikan pada bilangan hexadecimal, dan pengembangan serta pembangunan perangkat lunak menggunakan Visual basic 6.0 .
Pembahasan komunikasi data antara PC dan mikrokontroler sedikit sekali yang mengupas tentang komunikasi pengiriman dan penerimaan nilai string dari suatu karakter. Pada saat ini banyak yang hanya membahas tentang memerintah piranti keras untuk dapat digerakan secara fisik dengan menggunakan perangkat lunak. Untuk itu penelitian ini ditujukan untuk membangun sistem aplikasi yang dapat mengirimkan dan menerima komunikasi data string dari Mikrokontroler ke PC maupun sebaliknya.
Hasil pembuatan perangkat lunak ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan yang berarti dalam perkembangan ilmu sains terapan, khususnya pada bidang komputer yang dapat menjembatani antara bidang elektronika digital dan informatika, juga sebagai solusi perangkat lunak murah dan terjangkau bagi user, dan memberikan alternatif perangkat lunak aplikasi komunikasi data selain perangkat lunak komersial yang telah ada dipasaran termasuk software hyperterminal yang terdapat pada system operasi produk dari Microsoft. Perangkat lunak ini dapat juga menyimpan data Identitas pengguna yang dikemudian dipakai sebagai autentifikasi untuk kode akses pada suatu ruangan, sehingga dapat mengatasi kebutuhan dari bidang Komputer Puslit Informatika LIPI yang saat ini berupaya tidak tergantung dengan sofware non freeware yang beredar dipasaran.Penelitian sebelumnya yaitu Prototype System Pengendali Pintu Untuk Keamanan Ruangan Berbasis Mikrokontroler AT89C51[1]. Penelitian ini membahas tentang komunikasi menggunakan protocol Multidrop, karena memungkinkan setiap terminal berkomunikasi dengan terminal lain dalam jarak yang cukup jauh, prototype sistem bertujuan agar setiap ruangan terjaga keamanannya secara terpadu. Kemudian Penelitian berikutnya ”Perancangan Alat Penyimpan Peran Berbasis AT89C52”[2].
Pada penelitian ini menunjukan fungsi alat penyimpan pesan, dirancang dengan menggunakan sistem minimum berbasis mikrokontroler AT89C52, yang berguna untuk menyimpan dan menampilkan pesan. Pesan diinputkan dan disimpan dalam memory RAM dan dibuka kembali oleh pengguna yang memiliki hak akses, User mempunyai hak akses. User memiliki hak akses jika mempunyai PIN. Pada dasarnya metode penelitian yang dilakukan adalah studi pustaka yaitu mempelajari definisi definisi dan metodemetode dan tatacara komunikasi rangkaian port serial serta RS232, serta fungsi-fungsi dari setiap pin yang ada pada mikrokontroler tersebut