SDK adalah kit pengembangan perangkat lunak yang merupakan cara terbaik untuk menemukan kit. Jangan lupa untuk mengumpulkan model mobil atau pesawat terbang. Alat, instruksi perakitan dll. Yang diperlukan untuk bagian kit itu sendiri dan perakitannya. Semua peralatan diperlukan untuk membangun model, termasuk.

Apa itu SDK?

SDK adalah seperangkat alat dan program perangkat lunak yang digunakan pengembang untuk membangun aplikasi untuk platform tertentu. Alat SDK mencakup berbagai hal, termasuk perpustakaan, dokumen, contoh kode, proses, dan instruksi, yang dapat digunakan pengembang dan diintegrasikan dengan aplikasi mereka. SDK dikembangkan untuk platform atau bahasa pemrograman tertentu.

Ini dapat sesederhana antarmuka pemrograman aplikasi (API) dalam bentuk beberapa file untuk antarmuka ke bahasa pemrograman tertentu, atau dapat mencakup perangkat keras canggih untuk berkomunikasi dengan sistem tertentu. Perangkat lunak ini mencakup alat debugging dan alat lain yang biasanya disediakan di lingkungan pengembangan terintegrasi. Dalam hal ini, ada contoh lain yang mendukung kode program yang membantu menjelaskan poin kode program utama.

Fungsi SDK (Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak)

SDK

Berdasarkan pemahaman SDK di atas, ia bekerja mirip dengan SDK atau API Devkit dan menawarkan sejumlah alat terkait, perpustakaan, dokumentasi, contoh kode, proses dan / atau instruksi yang dapat digunakan pengembang untuk membangun aplikasi perangkat lunak pada platform tertentu. Jika API adalah seperangkat blok yang telah ditentukan yang dapat digunakan untuk membuat sesuatu, SDK adalah bengkel lengkap yang membuatnya mudah untuk melampaui ruang lingkup API.

SDK adalah sumber untuk hampir semua program yang berkomunikasi dengan pengguna modern. Dari browser web yang Anda gunakan ke permainan video yang Anda mainkan di akhir hari, sebagian besar berjalan di SDK sebelum API dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan aplikasi lain.

Fungsi Software Development Kit (SDK)

Karena SDK seluler Anda dimaksudkan untuk digunakan di luar organisasi Anda, baca definisi SDK di atas karena dimaksudkan untuk digunakan di luar organisasi Anda. Nilai ini tergantung pada SDK Anda dengan fungsi-fungsi berikut:

  1. Mudah digunakan oleh pengembang lain
  2. Dokumentasi lengkap tentang cara kerja kode Anda
  3. Fungsionalitas yang memadai untuk menambah nilai pada aplikasi lain
  4. CPU, baterai atau perangkat seluler tidak memiliki dampak negatif pada penggunaan data
  5. Bermain dengan baik dengan SDK lainnya.

Idealnya, SDK harus bekerja dengan elegan, tetapi jika diperlukan waktu, mereka harus cukup bagus selama Anda melakukan pekerjaan Anda.

Tujuan SDK (Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak)

Seperti yang dijelaskan dalam definisi SDK di atas, SDK menyediakan seperangkat alat yang diperlukan untuk menyediakan pengembang dengan antarmuka pengguna akhir yang jelas dan standar. Selain itu, pengembang tidak harus menemukan kembali roda ketika datang ke fungsi aplikasi standar seperti lokasi, penyimpanan, geofencing, otorisasi pengguna, dll.

SDK memastikan bahwa semua API yang disediakan diterapkan dengan benar, yang mengurangi masalah saat menerapkan API. SDK biasanya melangkah lebih jauh dan menawarkan fitur-fitur canggih di atas API yang memungkinkan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam aplikasi Anda. SDK juga memungkinkan peningkatan manajemen jalur dan terminasi untuk berbagai API tingkat rendah.

Sumber : https://ruangguru.co