Nadiem Minta para Ahli di BSNP Ikuti Pakem Merdeka Belajar

Nadiem Minta para Ahli di BSNP Ikuti Pakem Merdeka Belajar

Nadiem Minta para Ahli di BSNP Ikuti Pakem Merdeka Belajar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

memberikan arahan kepada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) terkait penyusunan standar bagi siswa-siswi Indonesia.

Arahan itu diberikan dalam rangka menyokong program ‘Merdeka Belajar’ yang tengah digalakkan Kemendikbud.
Kepada para ahli di BSNP, Nadiem menjelaskan kompetensi-kompetensi apa saja yang diperlukan siswa di masa ini. Katanya, kompetensi itu mulai dari kreativitas, kemampuan daya kolaborasi, daya pikir kritis, logika, pemecahan masalah hingga kemampuan untuk berempati.
Untuk itu, Nadiem meminta agar para anggota BSNP menggali betul ihwal standar yang dinilai diperlukan murid itu, untuk kemudian bisa menyusun suatu standar yang memungkinkan siswa mencapai kompetensi yang dibeberkan di atas.

Vietnam Datang, Indonesia Terancam

Edisi ketiga OTOHITZ mengangkat Vietnam yang coba mengancam industri otomotif Tanah Air. Ada pula ulasan Kawasaki KLX 230 dan city car listrik BMW. Tak lupa kami suguhkan tips ringan otomotif, ulasan motor kustom, Fortuner bekas dan aftermarket.

“Kalau memang konsepnya ‘merdeka belajar’, dan itu arah kita

, kita harus tahu kita mau menciptakan manusia seperti apa. Pertama itu dulu, punya kapabilitas apa di masa depan. Menurut saya tantangan masa depan dengan kompleksitasnya yang sangat tinggi, membutuhkan beberapa core kompetensi. Itu adalah kreativitas, kemampuan bekerja sama, critical thinking, computional logic (atau) kemampuan problem solving atau memecahkan masalah, kemampuan berempati,” ungkap Nadiem saat memberi sambutan di Century Park Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/