FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN KEMAMPUAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUH

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUH

Gangguan perkembangan yang terjadi pada anak berupa gangguan bersosialisasi dan berkomunikasi. Dewasa ini jumlah anak penderita gangguan perkembangan pervasif terjadi pada 5 dari setiap 10.000 kelahiran. Sekolah TK Harapan Bunda-Surabaya merupakan salah satu instansi yang memiliki program terapi multidisiplin yang dapat membantu peningkatan kemampuan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswanya.

Dengan metode regresi logistik ordinal, peneliti dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pada siswa. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pada siswa adalah tingkat gangguan, lama terapi, terapi ekstra, dan terapi diet dengan ketepatan pengklasifikasian sebesar 70,93%.

Untuk mencapai peningkatan kemampuan pada siswa yang kondisi awalnya dalam tingkat gangguan sedang dan berat lebih lambat jika dibandingkan dengan siswa pada tingkat gangguan ringan (0,17 dan 0,06 kali), siswa yang mengikuti terapi sensori integrasi lebih lambat jika dibandingkan dengan siswa yang mengikuti terapi wicara (0,01 kali), siswa yang tidak melakukan terapi diet lebih lambat jika dibandingkan dengan siswa yang melakukan terapi diet (0,21 kali), dan setiap kelipatan 2 tahun dalam mengikuti terapi mengalami peningkatan kemampuan 3,38 kali dibandingkan dengan kondisi sebelum mengikuti terapi.

Sumber : https://theeacher.livejournal.com/712.html