Hardware Programmer

Hardware Programmer

Hardware Programmer

Hardware programmer sebenarnya adalah bagian dari hardware engineer. Sesuai namanya, mereka melakukan programming secara low level terhadap hardware.

 

3.1.2  System Programmer

System programmer dipekerjakan dalam pengembangan sistem operasi dan modul-modul pendukungnya. System programmer bekerja pada tahap pengembangan suatu platform/ sistem operasi atau yang terkait dengannya untuk dijadikan landasan(platform) bagi pengembangan selanjutnya.

 

3.1.3  Application Programmer

Bagi yang sering mendengar profesi “application developer”, “software developer”, “web developer”, “enterprise developer” atau “developer” saja, profesi-profesi tersebut tergolong sebagai application programmer.

 

Tugas:

  1. Membangun/mengembangkan software terutama pada tahap construction dengan melakukan coding dengan bahasa pemprograman yang ditentukan.
  2. Mengimplementasikan requiremant dan desain proses bisnis ke komputer dengan menggunakan algoritma /logika dan bahasa pemprograman.
  3. Melakukan testing terhadap software bila diperlukan

 

Keahlian yang Diperlukan:

  1. Menguasai Algoritma dan logika pemprograman (ini penting sekali).
  2. Memahami metode, best practice dan tool/pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML (kemampuan membaca dan menerapkan).
  3. Menguasai salah satu atau beberapa bahasa pemprograman populer seperti C++, VB, PHP, C#, Java, Ruby dll (untuk web developer perlu juga menguasai HTML, DHTML, CSS, JavaScript dan AJAX)

Sumber : http://zoloft-it.info/the-top-jobs-in-education-lecturer/