Bupati Bogor Wujudkan Desa Cerdas

Bupati Bogor Wujudkan Desa Cerdas

Bupati Bogor Wujudkan Desa Cerdas

Pemkab Bogor bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama dalam membangun Kabupaten Bogor

melalui konsep Smart Village atau Desa Cerdas. Kesepakatan tersebut tertu­ang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor IPB, Arif Satria, dengan Bupati Bogor, Ade Yasin,di Cibinong.

RUANG lingkup kesepakatan kerja sama dalam acara Musyawarah Ren­cana Pembangunan (Musrenbang) itu meliputi pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Bupati Bogor, Ade Yasin, mengatakan, keinginannya ini terkait konsep Pan­cakarsa di masa kepemimpinannya

lima tahun ke depan bisa terealisasi dan membutuhkan sinergi serta ko­laborasi, terutama dengan akade­misi. ”Untuk itu, kami lakukan kerja sama dengan IPB. Kami ingin membangun masa depan Kabupaten Bogor dengan Pancakarsa yakni Kar­sa Bogor Membangun, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bo­gor Maju dan Karsa Bogor Berkeada­ban,” kata Ade.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pe­desaan Lembaga Penelitian dan Peng­abdian Masyarakat IPB, Sofyan Sjaf,

resmi dikukuhkan sebagai ketua Tim Fasilitator Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/CSR) Kabupaten Bogor yang beranggotakan perwaki­lan akademisi, perusahaan dan pe­merintah.

Menurut Sofyan Sjaf, membangun kabupaten butuh dukungan multi pihak, jadi agenda yang harus dila­kukan adalah agenda kolaboratif. ”Nah untuk mewujudkan Panca­karsa yang sesuai visi-misi pemkab dibutuhkan keterlibatan banyak pi­hak serta butuh bujet yang tidak sedikit,” terangnya

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/ST22VHV