Manfaat Metode Montessori untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Metode montessori adalahmetode pembelajaran yang diciptakan menurut teori pertumbuhan dari dr. Maria Montessori. Maria Montessori adalahseorang pendidik yang memperkenalkan metode pembelajaran ini di Italia, selama akhir abad 19 hingga mula abad 20.

Berikut ini adalah5 guna metode montessori guna anak umur dini,

Anak menjadi lebih mandiri

Anak umur dini yang dididik dengan cara montessori bakal tumbuh menjadi pribadi berdikari dan tidak bergantung pada orang lain. Hal ini sebab pada kurikulum montessori ada satu poin yang diberi nama cara practical life.

Pada cara ini, anak umur dini diajar untuk menuntaskan tugas keseharian tanpa pertolongan orang dewasa. Materi dalam cara practical life mencakup: berlatih mengikat tali sepatu, menyiapkan santap dan minum, sampai mandi sendiri tanpa ditolong orang tua.

Mampu mengasah keterampilan motorik

Pada anak umur dini, khususnya mereka yang berumur 4 tahun. Metode montessori yang diserahkan bertujuan guna mempertajam dan mengajar saraf motorik , baik tersebut motorik halus maupun kasar.

Hal berikut yang menciptakan anak-anak montessori memiliki keterampilan motorik yang baik dibanding dengan mereka yang dididik dengan cara pembelajaran konvensional

Anak menjadi lebih kritis

Materi-materi yang diserahkan pada cara pembelajaran montessori menciptakan anak terbiasa menggali solusi dari masalah yang timbul. Meskipun masalah itu berupa permainan sederhana, tetapi urusan itu mampu mengajar jiwa kritis dalam diri mereka. Jalan benak anak-anak montessori juga menjadi lebih tersingkap dibanding dengan anak seusianya.

Anak menjadi lebih kreatif

Metode montessori memang dikenal lebih bebas dan tersingkap daripada metode edukasi konvensional. Materi-materi pada cara montessori diciptakan supaya anak dapat mempunyai kreativitas. Hal ini pun didukung orang tua montessori yang tidak terlalu memberi batas ruang gerak anak ketika belajar dan bermain.

Meskipun bebas, cara montessori menuntut orang tua guna selalu menemani anak supaya kebebasan mereka terarah. Anak-anak yang tidak dipedulikan mempunyai ruang gerak dan khayalan tidak terbatas bakal tumbuh menjadi individu yang kreatif dalam segala hal, tergolong soal menghadapi kehidupan saat mereka dewasa nanti.

Anak dapat bersosialisasi dengan baik

Kecerdasan seorang anak tidak tidak jarang kali dinilai dari keterampilan akademisnya saja, namun juga teknik mereka bersosialisasi. Anak-anak yang dididik memakai metode montessori, seringkali lebih cepat berbaur dengan lingkungan sekitar, pandai bekerja sama, dan mempunyai sikap toleransi yang tinggi.

Sumber : http://www.theonering.net/openads/www/delivery/ck.php?oaparams=2__bannerid=275__zoneid=15__cb=7668eedae7__oadest=http%3A//www.pelajaran.co.id