FKH IPB Jalin Kerjasama dengan Seoul National University College of Veterinary Medicine

FKH IPB Jalin Kerjasama dengan Seoul National University College of Veterinary Medicine

FKH IPB Jalin Kerjasama dengan Seoul National University College of Veterinary Medicine

Sepakat untuk saling mengirimkan pelajarnya, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) tandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Seoul National University College of Veterinary Medicine, Korea.

Penandatanganan MoA dilakukan oleh Dekan FKH IPB, Prof. Srihadi Agung Priyono dan Prof. Hee Jong Woo dari Seoul National University College of Veterinary Medicine di Ruang Sidang Dekanat FKH Kampus IPB Dramaga, Bogor (27/12).

Masing-masing institusi setuju untuk menerima sekitar lima siswa per tahun.

Angka ini bisa berubah setiap tahunnya.

“Jumlah mahasiswa setiap tahunnya nanti dapat disesuaikan. Pertukaran siswa berlaku untuk program akademik yang ditawarkan di masing-masing perguruan tinggi sebagai siswa penuh waktu non-gelar. Setiap kredit akademik yang diperoleh di lembaga tuan rumah dapat ditransfer ke lembaga asal sesuai dengan prosedur dan peraturan institusi tuan rumah. Durasi periode studi pertukaran hingga dua semester atau satu tahun akademik,” ujar Prof. Srihadi.

Menurutnya kedua belah pihak juga berjanji untuk mempromosikan

dan mengembangkan kerja sama akademik seperti pertukaran staf akademik dan administrasi, kerjasama dalam penelitian dan presentasi hasil-hasilnya, serta pertukaran bahan akademik, publikasi dan informasi ilmiah lainnya.

“Perguruan tinggi di Korea ini merupakan salah satu universitas kedokteran hewan terbaik di Asia. Kita akan mulai kerjasama dalam hal edukasi terlebih dahulu, kemudian ke depan tidak menutup kemungkinan ke kerjasama riset. Kerjasama ini menjadi jalan masuk awal, kita juga akan merencanakan untuk mengundang expert dari mereka untuk memberikan kuliah di IPB. Selain itu Seoul National University College of Veterinary sedang proses akreditasi Amerika sehingga praktik baik mereka bisa kita contoh. Itu peluang besar,” ucapnya.

Pada kesempatan ini Prof. Srihadi juga memaparkan gambaran umum FKH IPB

dan peluang profesi dokter hewan di Indonesia.

Hadir juga dalam penandatangan MoA ini Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan FKH, Dr. drh. Trioso Purnawarman, M.Si, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKH, Prof. Dr.drh. Agus Setiyono, MS., PhD., Direktur Rumah Sakit Hewan IPB, Prof. drh Deni Noviana, Direktur Program Internasional, Prof. Iskandar Zulkarnain. Ketua Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi, Dr.drh. Hera Maheswari, MSc

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/