Pengertian Earning Per Share

Pengertian Earning Per Share

Pengertian Earning Per Share

    Earning Per Share merupakan bentuk pemberian keuntungan yang diberikan kepada para pemegang saham dari setiap lembar saham yang dimiliki. Earning Per Share merupakan alat analisis yang menggunakan konsep laba konvensional. Earning Per Share adalah salah satu dari dua alat analisis yang sering digunakan untuk mengevaluasi saham biasa disamping Price Earning Ratio dalam lingkungan keuangan.

Menurut (Darmaji, 2006) Earning Per Share merupakan rasio yang menunjukan berapa besar keuntungan (return) yang diperoleh investor atau pemegang saham per lembar.

2.1.5.2. Kegunaan Earning Per Share

Variabel Earning Per Share merupakan proxy bagi laba per saham perusahaan yang diharapkan dapat memberikan gambaran bagi investor mengenai bagian keuntungan yang dapat diperoleh dalam suatu periode keuntungan yang dapat diperoleh dalam suatu periode tertentu dengan memiliki suatu saham. Seorang investor membeli dan mempertahankan saham suatu perusahaan dengan harapan akan memperoleh deviden atau capital gain.

Jumlah pendapatan yang tersedia bagi pemegang saham adalah pendapatan bersih setelah pajak dikurangi pajak pendapatan. Pendapatan bersih ini setelah dikurangi dengan deviden dan hak – hak lainnya untuk pemegang saham biasa. Dengan membagi jumlah pendapatan yang tersedia untuk pemegang saham biasa dengan jumlah lembar saham biasa yang beredar maka akan diketahui jumlah lembar pendapatan untuk setiap lembar saham tersebut.

Earning per share dihitung dengan rumus berikut (Darmadji: 2006)

Sumber : https://merkbagus.id/