Jokowi Ajak Pemuda Kuasai Perusahaan Start-up

Jokowi Ajak Pemuda Kuasai Perusahaan Start-up

Jokowi Ajak Pemuda Kuasai Perusahaan Start-up

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya menumbuhkan jiwa entrepreneurship

atau jiwa kewirausahaan dan melahirkan wirausahawan dengan lebih mendorong peningkatan start-up atau perusahaan pemula.

Perusahaan start-up umumnya dimotori oleh kaum muda, yang saat ini menguasai penjualan dan bisnis berbasis teknologi internet dimana jual beli dilakukan hanya dalam hitungan menit melalui sistem online.

Perubahan yang sangat cepat itu juga menghadirkan eksistensi dunia virtual yang semakin berkembang

dan melahirkan teknologi baru.

Konsekuensinya, kata Jokowi, adalah hilangnya beberapa profesi dan pekerjaan yang sudah umum di tengah masyarakat, digantikan dengan profesi-profesi baru serta bisnis baru yang didominasi oleh kaum muda yang melek teknologi.

“Hati-hati, kita semua harus bersiap terhadap pergerakan teknologi yang sangat cepat ini. Pengaruhnya merambah tidak hanya pada formasi bisnis dan pola konsumsi masyarakat saja, namun juga untuk ranah politik dan pendidikan,” kata Jokowi saat memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium Kampus USU di Medan, Senin (8/10).

“Kita harus cepat menyesuaikan diri atau akan tertinggal. Banyak pekerjaan yang akan diotomatisasi.

Dunia akan berubah, mau tidak mau kita juga harus ikut berubah,” tambahnya.

Munculnya media sosial, lanjut Jokowi, juga membuat kontrol berita tak lagi hanya terpusat di media dan wartawan. Semua orang bisa memproduksi berita dan menyebarkannya dengan cepat melalui media sosial.

“Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan standar moralitas yang semakin tinggi, mengingat regulasi pemerintah tak bisa dengan serta merta menyelesaikan masalah. Penambahan regulasi juga belum bisa dijadikan sebuah solusi yang tepat,” tutur Jokowi.

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/