Rangsang Kreativitas lewat Robot Kertas

Rangsang Kreativitas lewat Robot Kertas

Rangsang Kreativitas lewat Robot Kertas

Kreativitas adalah salah satu cara untuk menaklukkan dunia. Tema itu menguat dalam kegiatan buka bersama bersama anak yatim piatu yang diadakan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga, Minggu (11/6).

Ketua Prodi MM FEB Unair Gancar Candra Premananto menyatakan

, inovasi berperan penting dalam memunculkan suatu hal baru. Kuncinya adalah kreatif dan bebas berkreasi. ’’Misalnya, membuat yang tadinya tidak berguna menjadi suatu hal yang berguna,’’ ujarnya.
Rangsang Kreativitas lewat Robot Kertas
DUA-TIGA DIMENSI: Miniatur robot dari rangkaian kertas. (Allex Qomarullah/Jawa Pos/JawaPos.com)

Pada masa depan juga sangat dibutuhkan pemimpin yang inovatif. Program-program baru yang berbeda harus bermunculan. ’’Jangan membuat sesuatu yang sama,’’ tuturnya. Kemarin bentuk kreativitas itu dilakukan dengan menyusun miniatur robot dari kertas.

Robot yang dibuat adalah robot Combattler V. Anak-anak dari Yayasan Yatim Piatu Nur-Hidayatullah membentuk kelompok yang terdiri atas 5–6 orang. Mereka lantas menggunting pola robot yang sudah tersedia di kertas. Kemudian, hasil guntingan itu disusun dan dilem sesuai dengan gambar.

Siti Aminah, misalnya. Perempuan berusia 13 tahun tersebut melakukan pengeleman dengan dipandu pendamping dari mahasiswa MM FEB Unair. Kerja tim pun terbentuk. Ada yang menggunting, melipat, dan mengelem.

Gancar menyebut kreativitas sebenarnya juga sudah diajarkan Nabi Muhammad SAW

. Cara memanggil untuk salat, misalnya. Memanggil masyarakat untuk beribadah dilakukan dengan azan. Bukan dengan trompet, bel, ataupun lonceng. ’’Jadi, selama boleh berbeda, lakukan yang beda,’’ jelasnya.

Demikian juga di kehidupan sehari-hari. Dia mengajak anak-anak untuk menghargai kemampuan diri sendiri dan berpikir kreatif. ’’Jangan bangga lulus dengan nyontek, harus dengan kemampuan sendiri,’’ katanya. Menurut dia, hidup adalah petualangan. Karena itu, lakukan petualangan tersebut dengan bahagia dan kreatif. Itu juga yang disampaikan kepada para mahasiswanya.

Zein Arifin, ketua Yayasan Yatim Piatu Nur-Hidayatullah

, mengatakan bahwa kreativitas merupakan hal penting. Karena itu, anak-anak juga perlu dilibatkan dalam kegiatan yang mengasah kreativitas. Kemarin kegiatan itu dilaksanakan di gedung MM FEB Unair. Acara tersebut sekaligus memberikan wawasan kepada siswa tentang kampus. Tujuannya, anak-anak punya mimpi untuk belajar hingga ke perguruan tinggi pada masa depan.

 

Sumber :

https://www.storeboard.com/blogs/education/definition-of-text-review-and-examples/965580