Definisi Tanah Adalah

Definisi Tanah Adalah

Definisi Tanah Adalah

Definisi tanah secara mendasar dikelompokkan dalam tiga definisi, yaitu:

  1. Berdasarkan pandangan ahli geologi

Tanah didefiniskan sebagai lapisan permukaan bumi yang berasal dari bebatuan yang telah mengalami serangkaian pelapukan oleh gaya-gaya alam, sehingga membentuk regolit (lapisan partikel halus).

  1. Berdasarkan pandangan ahli ilmu alam murni

Tanah didefinisikan sebagai bahan padat (baik berupa mineral maupun organik) yang terletak dipermukaan bumi, yang telah dan sedang serta terus mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor: bahan induk, iklim, organisme, topografi, dan waktu.

  1. Berdasarkan pandangan ilmu pertanian

 

Tanah didefinisikan sebagai media tempat tumbuh tanaman.

Selain ketiga definisi diatas, definisi tanah yang lebih rinci diungkapkan ahli ilmu tanah sebagai berikut: “Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran sebagai penopang tumbuh tegaknya tanaman dan menyuplai kebutuhan air dan hara ke akar tanaman; secara kimiawi berfungsi sebagai gudang dan penyuplai hara atau nutrisi (baik berupa senyawa organik maupun anorganik sederhana dan unsur-unsur esensial, seperti: N, P, K, Ca, Mg, S, Cu, Zn, Fe, Mn, B, Cl); dansecara biologis berfungsi sebagai habitat dari organisme tanah yang turut berpartisipasi aktif dalam penyediaan hara tersebut dan zat-zat aditif bagi tanaman; yang ketiganya (fisik, kimiawi, dan biologi) secara integral mampu menunjang produktivitas tanah untuk menghasilkan biomass dan produksi baik tanaman pangan, tanaman sayur-sayuran, tanaman hortikultura, tanaman obat-obatan, tanaman perkebunan, dan tanaman kehutanan.

Profil Tanah

Profil tanah didefinisikan sebagai irisan vertikal tanah dari lapisan paling atas hingga ke bahan induk tanah. Profil dari tanah mineral yang telah berkembang lanjut biasanya memiliki horison-horison sebagai berikut: O – A – E – B – C – R

Keterangan:

  1. Horison O adalah horison yang terdiri dari bahan serasah atau sisa-sisa tanaman (Oi) dan bahan organik tanah (BOT) hasil dekomposisi serasah (Oa).
  2. Horison A adalah horison mineral berbahan organik tanah (BOT) tinggi sehingga berwarna agak gelap
  3. Horison E adalah horison mineral yang telah tereloviasi (tercuci) sehingga kadar BOT, liat silikat, Fe dan Al rendahtetapi kadar pasir & debu kuarsa (seskuoksida) dan mineral resisten lainnya tinggi serta berwarna terang.
  4. Horison B adalah horison illuviasi yaitu horison akumulasi bahan eluvial dari horison diatasnya.
  5. Horison C adalah lapisan yang bahan penyusunnya masih sama dengan bahan induk atau belum terjadi perubahan secara kimiawi.
  6. Horizon R adalah bahan induk tanah.

 

Ada tiga istilah yang sering diutarakan dalam ilmu tanah, yaitu:

  1. Solum tanah yaitu lapisan tanah yang meliputi horison: O – A – E – B.
  2. Lapisan tanah atas (top soil) yaitu lapisan tanah yang meliputi horison: O – A
  3. Lapisan tanah bawah yaitu lapisan tanah yang meliputi horison: E – B.

Fungsi Utama Tanah

Menurut pandangan pertanian, tanah memiliki empat (4) fungsi utama, yaitu sebagai:

  1. Tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran tanaman.
  2. Penyedia kebutuhan primer tanaman, meliputi: air dan unsur-unsur hara.
  3. Penyedia kebutuhan sekunder tanaman, meliputi: zat pengatur tumbuh (ZPT), antibiotik dan toksin anti hama; serta enzim yang dapat meningkatkan kesediaan hara.
  4. Habitat organisme tanah, baik yang menguntungkan tanaman maupun yang merugikan tanaman.

Baca Juga :