Menurut Sifat Isinya

Menurut Sifat Isinya

Menurut Sifat Isinya

Paragraf Persuatif

Paragraf yang mempromosikan sesuatu dengan cara mempengaruhi atau mengajak pembaca.

Ciri-cirinya : adanya ajakan atau bujukan untuk berbuat sesuatu.

Contoh :

Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu lama tidak lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi. Oleh sebab itu, hindarilah penggunaan pestisida secara berlebihan.

Paragraf Argumentatif

Paragraf yang membahas suatu masalah dengan bukti-bukti atau alas an yang mendukung..

Ciri-cirinya : ada pendapat dan ada alasan.

Contoh :

Menyetop bola dengan dada dan kaki dapat ia lakukan secara sempurna. Tembakan kaki kanan dan kiri tepat arahnya dan keras. Sundulan kepalanya sering memperdayakan kiper lawan. Bola seolah-olah menurut kehendaknya. Larinya cepat bagaikan kijang. Lawan sukar mengambil bola dari kakinya. Operan bolanya tepat dan terarah. Amin benar-benar pemain bola jempol.

 

Paragraf Naratif

Paragraf yang menuturkan peristiwa atau keadaan dalam bentuk cerita.

Ciri-cirinya : ada kejadian, ada pelaku dan ada waktu kejadian.

Contohnya :

Kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan terikat ke leher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya beserta istri-istri mereka pada keluar rumah menyongsong. Tuan Hasan memapah istrinya yang sakit. Sementara bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut kedatangan Nyonya Marta.

 

Paragraf Deskriptif

Paragraf yang melukiskan atau memerikan sesuatu.

Ciri-cirinya : ada objek yang digambarkan.

Contoh :

Gadis kecil itu. Ia selalu memandangi lautan yang biru. Gulungan riak-riak kecil tak membuatnya bergeming. Hembusan hawa pantai nan panas, tak membuat matanya beralih dari laut. Air pantai terus menyapu lembut kulit kakinya. Deburan suara ombak mengisiki telinganya. Hari itu langit tak berawan. Ia terus memandangi laut. Laut yang semakin biru sampai ambang cakrawala. Ia memandangi nelayan yang tengah menepi. Memandangi pulau kecil nan jauh diseberang sana. Ia benci laut ! gadis itu benci laut, karena disanalah kedua orang tuanya meninggal.

 

Paragraf Ekspositoris

Paragraf yang memaparkan suatu fakta atau kejadian tertentu.

Ciri-cirinya : adanya informasi.

Contoh :

Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/