Jika selama ini Anda sudah memimpikan diet, tetapi belum selesai, bulan Ramadhan bisa jadi waktu yang tepat. Namun, cara menurunkan berat badan yang tentunya efektif diperlukan. Karena banyak orang benar-benar menambah berat badan saat berpuasa. Agar Anda dapat terlihat luar biasa saat liburan tiba nanti, mari pertama-tama pertimbangkan bagaimana menurunkan berat badan saat puasa aman dengan tujuh strategi berikut.


Cara menurunkan berat badan saat puasa itu aman dan efektif

1. Perbanyak dengan mengonsumsi serat dan protein saat sahur dan buka

Saat Anda makan sahur dan berbuka, pastikan makanan Anda kaya serat dan protein. Alih-alih makanan berkalori tinggi, serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh untuk waktu yang lebih lama. Anda bisa merasa kenyang sepanjang hari tanpa dan mencegah kelaparan saat puasa.

Makanan yang kaya serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan sehingga ketika saatnya makan malam setelah berbuka puasa, Anda tidak bingung dan Anda makan terlalu banyak.

2. Hindari makanan dan minuman manis

Meskipun lebih baik untuk istirahat cepat, gunakan semua manis untuk memulihkan energi, tetapi jangan tertidur banyak. Makanan dan minuman yang terlalu manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh, yang mengganggu pola makan Anda.

Karena ketika Anda berpuasa, produksi insulin tubuh menurun. Meskipun insulin digunakan untuk mengubah gula menjadi sumber energi. Jika gula tidak diubah menjadi energi, tubuh akan menyimpannya sebagai lemak. Inilah sebabnya mengapa makan makanan manis selama puasa bisa membuat Anda gemuk.

Karena itu, lebih baik memilih makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi. Misalnya dari buah-buahan, sayuran dan beras merah.

3. Tetap berolahraga

Bukan karena Anda berpuasa dan tidak makan banyak, Anda bisa malas. Berolahraga sebenarnya bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan saat berpuasa secara efektif.

Biasanya tubuh menghasilkan energi dari pembakaran glukosa (gula). Namun, ketika Anda berpuasa dan tidak menerima glukosa selama berjam-jam, tubuh Anda akan mencari sumber energi lain, yaitu cadangan lemak Anda. Jadi berolahraga saat puasa bisa memicu pembakaran kelebihan lemak di tubuh Anda.

4. Minumlah banyak air

Pastikan Anda terus minum banyak air selama bulan puasa, setidaknya 8 gelas sehari. Anda dapat menggunakan formula 2-4-2: dua gelas saat fajar, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas setelah Tarawih dan dua gelas sebelum tidur.

Penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bahwa air minum dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30%. Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang terbakar oleh tubuh.
5. Hindari makan sahur dan buka dengan gorengan

Setelah kelaparan sepanjang hari, Anda mungkin tergoda untuk makan makanan berlemak ketika mereka cepat rusak. Hati-hati, mengonsumsi semua makanan yang digoreng sarat lemak jahat (lemak jenuh) di bulan puasa masih bisa membuat Anda gemuk.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi selama puasa, gantilah dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh lebih baik untuk kesehatan karena tidak meningkatkan kadar kolesterol. Anda bisa mendapatkan asupan lemak tak jenuh dari kacang, alpukat, dan ikan.
6. Tidur yang cukup

Tidur bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan saat bekerja cepat. Sebab, kurang tidur saat puasa akan mengganggu sistem metabolisme Anda. Akibatnya, tubuh tidak efektif membakar cadangan lemak.

Selain itu, kurang tidur juga meningkatkan kadar hormon ghrelin, yang meningkatkan nafsu makan. Mungkin saat berbuka puasa, jadi ini gila dan makan berlebihan.
7. Terus makan porsi saat Anda berbuka puasa

Bahkan jika Anda tidak makan, makan atau minum sepanjang hari, Anda masih harus tetap makan porsi saat fajar dan istirahat dengan cepat. Makan berlebihan tiba-tiba dapat meningkatkan gula darah. Meskipun seperti yang disebutkan sebelumnya, tubuh tidak memproduksi banyak insulin selama puasa. Gula akan dikonversi menjadi lemak hanya di dalam tubuh.

Untuk menghindari makan berlebihan, coba gunakan piring yang lebih kecil. Anda juga bisa menyiapkan sahur atau buka puasa bersama makanan yang membuat Anda kenyang seperti sup.

Baca juga :