Salah satu elemen yang sangat penting dari kendaraan roda empat dan mobil adalah transmisi. Faktor yang satu ini merupakan salah satu elemen yang sangat erat kaitannya dengan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara. Seperti yang kita semua tahu, transmisi ini berfungsi untuk mengontrol dan memindahkan gigi yang bertanggung jawab untuk menyediakan torsi.

transmisi CVT dan transmisi konvensional

Atau dengan kata lain, menggunakan fungsi transfer ini, Anda akan dapat menyesuaikan kecepatan mobil Anda, sehingga komponen ini yang paling penting bagi Anda untuk memperhatikan dan melakukan pengecekan dan perawatan rutin. Ini adalah salah satu komponen. Petunjuk untuk menjalankan transmisi otomatis gigi rendah mungkin merupakan informasi tambahan untuk Anda.

Secara umum, dalam kendaraan roda empat, ada dua jenis transmisi ketika berbicara tentang transmisi ini. Artinya, transmisi CVT dan transmisi konvensional pada umumnya sama dalam mendukung kinerja mobil.

Ini adalah penggunaan dua jenis transmisi untuk membedakannya. Dan, untuk menemukan perbedaan mendasar antara CVT dan transmisi konvensional, mari kita lanjutkan dan kami merujuk pada ulasan berikut untuk menambah wawasan Anda tentang ini. Ini adalah ulasan lengkap untuk Anda.

1. Transmisi CVT

Transmisi CVT (continuous variable transmission) adalah jenis transmisi yang tidak menggunakan unit roda gigi planetary dan konverter torsi saat mengoperasikan transmisi. Namun, transmisi CVT ini menggunakan sepasang katrol (katrol penggerak dan katrol penggerak) yang dihubungkan oleh sabuk atau sabuk baja untuk melengkapi komponen.

Kedua katrol yang terhubung ke sabuk baja dapat secara otomatis melebar atau berkontraksi sebagai dasar perintah komputer, tergantung pada rotasi komponen mesin mobil dan kecepatan mobil itu sendiri berubah pada kedua katrol. Ganti diameter sabuk dan kencangkan baut.

Karena diameter sabuk adalah rasio roda gigi dari transmisi CVT, rasio transmisi CVT umumnya memiliki rasio roda gigi yang sangat lebar, dibandingkan dengan rasio transmisi konvensional dengan tingkat rasio gigi tertentu.

Mobil-mobil yang menggunakan transmisi jenis CVT ini seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Honda HR-V, Toyota C-HR, Nissan Grand Livina, dan Nissan Juke.

2. Transmisi konvensional

Sementara itu, seorang teman, jenis transmisi konvensional, diterjemahkan dalam bahasa nasional kita, bahasa Indonesia adalah rasio gigi yang dibuat oleh roda gigi planet atau roda gigi planet. Ini karena kombinasi roda gigi yang menyerupai pergerakan planet dan pergerakan matahari.

Satu set planetary gear terdiri dari satu gigi cincin dan satu gigi matahari, dan itu juga umumnya memiliki tiga hingga empat pinion, kecuali bahwa ia juga memiliki pembawa sebagai pengikat gigi pinion. Secara umum, teman-teman memiliki dua set roda gigi planet yang bekerja bersama untuk membuat rasio roda gigi dari roda gigi 1, 2, 3, 4, dan sebaliknya, pada tipe transmisi 4 kecepatan tradisional.

Perbedaan kedua adalah bahwa transmisi konvensional bekerja dengan menggunakan konverter torsi yang terlihat seperti donat, teman. Torque converter bertindak sebagai pembeda dari transmisi manual dan menjadi kopling dari transmisi otomatis hingga pengemudi tidak perlu menekan pedal kopling dari transmisi otomatis. Itu dia.

Sumber : rental mobil lampung