Kita sering mendengar kata-kata perangkat lunak di dunia teknologi informasi. Apa sebenarnya perangkat lunaknya? Ada yang mengatakan bahwa tanpa perangkat lunak, komputer tidak dapat digunakan atau dioperasikan. Untuk mengetahui definisi atau pemahaman perangkat lunak, silakan lihat penjelasan di bawah ini.

Memahami Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah perangkat lunak nama kedua. Karena itu disebut juga perangkat lunak, maka berbeda dengan perangkat keras atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen nyata yang dapat dilihat dan disentuh langsung oleh manusia, perangkat lunak atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan secara fisik tidak dapat dilihat, perangkat lunak tidak terlihat fisik dan abstrak tetapi dapat dioperasikan.

Pengertian perangkat lunak komputer adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui perangkat lunak atau perangkat lunak ini, komputer dapat menjalankan perintah

Jenis perangkat lunak atau perangkat lunak

Tergantung pada distribusinya, perangkat lunak atau perangkat lunak komputer dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu perangkat lunak berbayar, perangkat lunak bebas atau gratis (freeware, perangkat lunak bebas, shareware, adware).

Perangkat lunak berbayar

Perangkat lunak berbayar adalah perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersial, setiap pengguna yang ingin membeli atau menggunakan perangkat lunak dengan menggunakan atau menerima pihak yang mendistribusikannya. Pengguna yang menggunakan perangkat lunak berbayar umumnya tidak diizinkan untuk secara bebas mendistribusikan perangkat lunak tanpa izin dari penerbit. Misalnya, contoh perangkat lunak berbayar ini adalah Microsoft Windows System, Microsoft Office, Adobe Photo Shop, dan lainnya.

Freeware

Perangkat lunak freeware atau gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang bebas digunakan tanpa biaya, pengguna yang membutuhkan pembayaran ke perusahaan selain shareware (misalnya, setelah periode pengujian tertentu atau menerima tugas tambahan untuk). Pengembang perangkat gratis sering membuat perangkat freeware untuk “disumbangkan ke komunitas”, tetapi masih ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan mengendalikan pengembangan di masa depan. Freeware didefinisikan sebagai program apa pun yang didistribusikan secara gratis tanpa biaya tambahan. Salah satu contoh utama adalah browser dan paket klien surat dan Mozilla News, yang juga didistribusikan di bawah GPL (Perangkat Lunak Bebas).

perangkat lunak gratis

Perangkat lunak bebas lebih dipandu untuk penggunaan gratis tetapi tidak gratis. Sebenarnya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak open source dan ini adalah asal kebebasan: Program-program di bawah GPL dapat disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas begitu diterima. Itu sebabnya perangkat lunak bebas bukan pembelian gratis, tetapi penggunaan dan pengiriman. Setelah dilisensikan, kami dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak termasuk freeware, shareware, atau adware. Klasifikasi ini memengaruhi cara program dipasarkan, dan perangkat lunak yang dimilikinya

mengenal software

lisensinya.

Perbedaan aktual antara perangkat lunak bebas dan freeware Ada konflik dalam arti kata-kata bebas dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan independen. Karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, perangkat lunak bebas tidak perlu gratis, sama seperti freeware tidak perlu gratis.

Shareware

Shareware juga gratis tetapi terbatas pada waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas yang didistribusikan baik dengan fitur atau fungsi terbatas sebagai tampilan atau versi evaluasi, atau menggunakan kerangka waktu yang ditetapkan (misalnya, 30 hari). Dengan cara ini, memberi pengguna kesempatan untuk membeli versi lengkap dari program dan menguji produk sebelum membeli. Salah satu contoh yang sangat jelas dari jenis ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memberikan rilis evaluasi produk yang hanya berlaku selama beberapa hari. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan jika Anda harus menggunakannya, Anda perlu membeli produk.

Sumber : Https://www.videomax.co/