PERANAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

PERANAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

PERANAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

Pengertian Bahasa

Bahasa merupakan salah satu alat untuk menunjukkan identitas diri atau alat untuk mengekspresikan diri. Mengapa? Karena dengan bahasa kita dapat menunjukkan sudut pandang kita, pemahaman kita atas suatu hal, asal usul bangsa dan negara kita, pendidikan kita, bahkan sifat kita. Bahasa menjadi cermin diri kita, baik sebagai bangsa maupun sebagai diri sendiri. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya.

Pada waktu kita berbicara kata-kata yang kita ucapkan tidak tersusun begitu saja melainkan mengikuti aturan yang sudah ada untuk mengungkapkan gagasan pikiran atau apapun kita harus menggunakan kata-kata yang tepat dan menyusun kata-kata itu sesuai dengan aturan bahasa.

Dengan penggunaan bahasa yang baik dan benar maka komunikasi yang di lakukan dapat berjalan lancar . Bahasa indonesia sendiri mempunyai beberapa fungsi-fungsi  antara lain :

  • Sebagai bahasa negara dan pemersatu bangsa.
  • Di indonesia bahasa memiliki kedudukan yang sangat penting kerena merupakan salah satu dari ikrar sumpah pemuda tahun 1928 yang berbunyi Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.selain itu bahasa juga memiliki fungsi sebagai persatuan bangsa karena di indonesia  sendiri memiliki beragam bahasa maka dari itu di perlukan bahasa sebagai persatuan bangsa agar hubungan komunikasi antar satu dengan yang lain tidak terhambat.
  • Sebagai alat komunikasi.
  • Seperti yang telah di jelaskan bahwasannya bahasa adalah alat komunikasi , karena komunikasi merupakan hal yang sangat di perlukan dalam menjalin hubungan atau mengungkapkan pesan kepada orang lain.
  • Sebagai identitas diri.
  • Bahasa dapat di katakan sebagai identitas diri karena  bahasa yang kita gunakan dapat menggambarkan identitas diri kita ataupu dapat menunjukan dari mana kita berasal.
    Di dunia pendidikan di indonesia  , bahasa indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib di ajarkan mulai dari sekolah dasar  hingga di perguruan tinggi. Hal itu terjadi karena bahasa indonesia merupakan salah satu alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

RAGAM BAHASA

Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian , Menurut Dendy Sugono (1999 : 9), bahwa sehubungan dengan pemakaian bahasa Indonesia, timbul dua masalah pokok, yaitu masalah penggunaan bahasa baku dan tak baku. Dalam situasi remi, seperti di sekolah, di kantor, atau di dalam pertemuan resmi digunakan bahasa baku. Sebaliknya dalam situasi tak resmi, seperti di rumah, di taman, di pasar, kita tidak dituntut menggunakan bahasa baku.

Di tinjau dari sarana yang kita gunakan untuk menghasilkan bahasa yaitu ragam bahasa lisan (lafal,) dan ragam bahasa tulisan (penulisan) .

Indonesia banyak mempunyai keberagaman bahasa ada bahasa jawa,sunda  dan lain sebagai nya dengan timbul nya keberagaman bahasa yang melimpah bahasa indonesia di kenal sebagai kosa kata baku. Walaupun demikian ketepatan dalam pilihan kata dan bentuk kata pembicara menjadi pendukung di dalam memahami makna gagasan yang di sampaikan.

Keberagaman di indonesia terjadi bukan tampa alasan banyak nya pulau-pulau di indonesia menimbulkan beragaman bahasa , bahkan dengan adanya kebergaman bahasa dapat memperkaya budaya indonesia . Ragam bahasa itu tidak dapat disebut sebagai ragam tulis, tetapi tetap disebut sebagai ragam lisan, hanya saja diwujudkan dalam bentuk tulis , ragam tulis dan ragam lisan memiliki ciri kebakuan yang berbeda.

Yang dimaksud dengan ragam atau variasi bahasa adalah bentuk atau wujud bahasa yang ditandai oleh ciri-ciri linguistik tertentu, seperti fonologi, morfologi, dan sintaksis. Di samping ditandai oleh cirri-ciri linguistik, timbulnya ragam bahasa juga ditandai oleh cirri-ciri nonlinguistic, misalnya, lokasi atau tempat penggunaannya, lingkungan sosial pemakaiannya, dan lingkungan keprofesian pemakai bahasa yang bersangkutan.

Berdasarkan pokok pembicaraan, ragam bahasa dibedakan antara lain atas:

  • Ragam bahasa undang-undang
  • Ragam bahasa jurnalistik
  • Ragam bahasa ilmiah
  • Ragam bahasa sastra

Berdasarkan media pembicaraan, ragam bahasa dibedakan atas:

  1. Ragam Lisan

Ragam bahasa lisan adalah bahan yang dihasilkan alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar. Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Dalam ragam bahasa lisan ini, pembicara dapat memanfaatkan tinggi rendah suara atau tekanan, air muka, gerak tangan atau isyarat untuk mengungkapkan ide.

  1. Ragam Tulis

Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Dalam ragam tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan (ejaan) di samping aspek tata bahasa dan kosa kata. Dengan kata lain dalam ragam bahasa tulis, kita dituntut adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, kebenaran penggunaan ejaan, dan penggunaan tanda baca dalam mengungkapkan ide.

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI KALANGAN MASYARAKAT / KELUARGA ANDA

Penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar dalam lingkup keluarga sebenarnya tidak terlalu intens penggunaanya. Hal itu dikarenakan kita lebih cenderung menggunakan bahasa sehari –hari yang lebih santai yang tidak terlalu memperhatikan aturan bahasa indonesia. Namun hal itu tergantung dari pola hidup tiap-tiap keluarga. Keluarga yang berasal dari kalangan terpandang baik status sosial maupun ekonominya cenderung lebih formal dalam menggunakan bahasa yang sudah diwari turun temurun.

Tak jauh berbeda dengan penggunaan bahasa di keluarga, di kalangan masyarakat umum penggunaan bahasa juga sangat bergantung dari jenis pergaulan masing-masing individu. Pergaulan yang cenderung urakan alias out of controlbiasanya lebih mempergunakan bahasa-bahasa kasar yang dapat memicu perselisihan, sebaliknya pergaulan orang-orang terpandang biasanya lebih memperhatikan bahasa yang mereka gunakan agar tidak memicu perselihan yang dapat merugikan diri masing-masing pihak.

Bahkan masyarakat di ibukota saja belum dapat mengaplikasikan bahasa indonesia yang baik dan benar , banyak nya penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja saat ini khususnya di ibukota salah satu penyebabnya kemunculan bahasa gaul ini dapat menggeser penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar. Maka dari itu di perlukan adanya tindakan  nyata dari semua pihak yang peduli terhadap eksistensi bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa persatuan, dan bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.

Kita harus menyadarkan masyarakat indonesia terutama para generasi muda bahwa bahasa indonesia sebagai bahasa nasional yang harus kita utamakan penggunaannya.penyadaran ini dapat di lakukan semua orang terutama di kalangan keluarga, selain itu kita dapat menanamkan semangat persatuan dan kesatuan dalam diri generasi bangsa dan juga masyarakat luas untuk memperkukuh bangsa Indonesia dengan penggunaan bahasa Indonesia .

KELEMAHAN DAN KELEBIHAN MEMPELAJARI BAHASA INDONESIA

Kelebihan:

  •  Keberagaman yang diciptakan tuhan. Indonesia terdiri dari berbagai suku dan memiliki beragam bahasa daerah namun dapat dipersatukan oleh bahasa indonesia. Kita dapat menggunakan bahsa indonesia selama berada diwilayah Indonesia dan berkomunikasi dengan warga setempat yang notabennya mengggunakan bahasa indonesia.
  •  Menunjukan rasa nasionalisme serta menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa.
  • Dapat menggunakan bahasa sesuai dengan wadahnya(dengan siapa kita berbicara)
  •  Cukup mudah dipelajari oleh masyarakatnya sendiri
  • Sarana penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia yang baik untuk berbagai keperluan menyangkut berbagai masalah,
  • Sarana pengembangan penalaran,dan Sarana pemahaman beragam budaya Indonesia.

Kekurangan:

  • Bahasa yang cukup sulit dipelajari bagi orang luar negri
  •  Sulit dipromosikan menjadi bahasa internasional karena Indonesia masih tetrtinggal dalam beberapa bidang teknologi dan ekonomi dimana keduanya sangat berpengaruh dudunia.
  •  Banyaknya aturan-aturan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar, baik dalam berbicara maupun penulisan. Misalnya, di dalam Bahasa Indonesia kita mengenal adanya EYD (Ejaan yang Disempurnakan), penulisan kata dan kalimat baku, penggunaan kalimat majemuk, dan sebagainya.

Baca Artikel Lainnya: