Tidak Hanya Mental, Patah Hati Juga Berefek Pada Kesehatan Tubuh Kita– Patah hati ialah hal yang paling menyebalkan, tak terdapat yang hendak merasakannya. Untuk yang telah mengalaminya, tentu pernah beranggapan bahwa hidup kalian tak bakal sama lagi sesudah berpisah dengannya.

Untuk tetap melanjutkan hidup laksana biasa tanpa orang terkasih, tentu akan sangat menghabiskan pikiran kita. Terkadang, anda terlalu susah untuk move-on, sampai-sampai tidak melulu mental anda yang terbebani, tapi pun kesehatan tubuh kita.

Berikut 3 efek patah hati ke kesehatan tubuh kita.

1. Sakit Hati atau Sakit di Dada

Orang-orang menyebutnya sakit hati sebab ada alasannya. Patah hati dapat mengakibatkan ‘sakit hati’ secara mental dan fisik. Selain menghabiskan ‘hati’ dan benak kita, patah hati dapat mengakibatkan sakit di wilayah dada kita.

Hubungan antara sakit hati secara mental dan jasmani ini ditemukan oleh seorang psikolog dari Universitas California, Naomi Eisenberg. Menurutnya, benak akan memproses rasa sakit yang terdapat di ‘hati’ kalian, dan menyalurkannya ke wilayah dada kalian, tepatnya jantung.

2. Berat Badan

Patah hati dapat mempunyai efek langsung ke berat badan kalian. Untuk kalian yang pernah menikmati patah hati, pasti dapat mengerti efek ini. Ketika anda sedih sebab patah hati, anda akan berjuang mengisi ‘kekosongan’ yang baru saja muncul.

Bagi sejumlah orang, mereka akan memenuhi ‘kekosongan’ itu dengan santap makanan yang mereka sukai. Bahayanya, tidak jarang kali mereka yang patah hati tidak menyimak jumlah asupan makanan yang mereka makan.

Sebaliknya, ada beberapa orang yang justeru kehilangan nafsu makan sebab stress dan kesedihan yang dialami.

Kedua urusan tersebut, santap berlebih atau kehilangan nafsu makan, paling berbahaya untuk metabolisme tubuh kita. Jadi, meski kita sedang patah hati, anda masih harus memikirkan asupan makanan kita.

3. Insomnia

Ketika patah hati, kita tidak jarang dengan sengaja istirahat lebih larut dari biasanya. Ketika berkeinginan tidur, anda tetap terbayang dengan memori yang menciptakan kita patah hati.

Hal ini membahayakan karena kegiatan tidur, ialah cara tubuh membalikkan tenaga guna bekerja. Penyakit yang bisa muncul sebab sulit istirahat di masa patah hati laksana obesitas, serangan jantung, diabetes, dan daya tahan tubuh yang menurun secara drastis.

Proses move-on dari patah hati memang urusan yang sulit. Tak terdapat pil ajaib yang dapat membuat kalian langsung sembuh dari patah hati.

Hanya saja, sekitar kalian masih merasa patah hati, tetap simaklah kesehatan tubuh kalian. Obat patah hati hanyalah waktu, dan sekitar waktu pengobatan tersebut, anda harus tetap mengawal kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat bisa mempercepat ‘hati’ anda memproses evolusi yang anda rasakan.

Baca Juga: